The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ampuh Tingkatkan Kesuburan Wanita di Usia 30an, Hindari Kebiasaan Ini!
Ilustrasi Hamil di Usia 30an. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Health

Ampuh Tingkatkan Kesuburan Wanita di Usia 30an, Hindari Kebiasaan Ini!

Selasa, 23 Februari 2021 14:34 WIB 23 Februari 2021, 14:34 WIB

INDOZONE.ID - Untuk memiliki anak, pasangan harus memiliki kesuburan pada sistem reproduksi masing-masing. Kesuburan tiap orang dapat dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Bagi wanita yang berusia 30 tahunan, memiliki anak bukanlah hal yang mustahil. Namun, kamu perlu memperhatikan kebiasaan-kebiasaan kamu dalam melakukan menjalani hari. Misalnya makanan dan minuman yang kamu konsumsi dan lainnya. Berikut kebiasaan yang harus wanita lakukan untuk memiliki kemungkinan hamil di usia 30an:

1. Kurangi asupan alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol tidak sehat untuk tubuh, bukan hanya pada laki-laki tapi juga perempuan. Penelitian telah menunjukkan asupan alkohol berlebih dapat memengaruhi motilitas sperma laki-laki. Ditambah lagi, fakta bahwa perempuan rentan efek negatif konsumsi alkohol, termasuk kesuburan yang rendah.

2. Menjaga berat badan ideal

Berat badan bisa sangat memengaruhi kemampuan hamil. Studi menunjukkan perempuan yang kelebihan berat badan dengan indeks massa tubuh lebih besar dari 35 kg per meter lebih sulit hamil.

Baca Juga: Wah, Ternyata Wanita di 15 Negara Ini Memiliki Payudara Terbesar

3. Olahraga

Penelitian dari American Journal of Lifestyle Medicine menyebutkan banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan dapat memengaruhi kemandulan. Bahkan olahraga berat dapat membuat perempuan melewatkan ovulasi atau bahkan mengalami kegagalan implantasi. Olahraga sederhana sudah cukup untuk meningkatkan kebugaran tubuh seperti jalan kaki, bersepeda, berenang.

4. Kurangi minum kopi

Terlalu banyak asupan kafein dapat berdampak buruk bagi kesuburan perempuan. Tidak hanya dapat meningkatkan risiko bayi lahir mati, minum lebih dari 300 miligram kopi sehari dapat mengganggu kesuburan.

5. Atur pola makan

Perbanyak konsumsi makanan yang terbukti bisa meningkatkan kesuburan perempuan juga laki-laki. Seperti minyak ikan, sayuran, bawang putih, madu, dan alpukat. Ada juga berbagai makanan yang harus dihindari seperti makanan tinggi gula, lemak jenuh, serta ikan yang memiliki tingkat merkuri tinggi.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US