The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Cara Mudah Mengobati Batuk di Rumah dengan Bahan Alami
Ilustrasi batuk (photo/Unsplash/Annie Spratt)
Health

6 Cara Mudah Mengobati Batuk di Rumah dengan Bahan Alami

Kamis, 06 Agustus 2020 15:24 WIB 06 Agustus 2020, 15:24 WIB

INDOZONE.ID - Batuk adalah cara tubuh mencoba membersihkan saluran pernapasan dari segala hal yang mengganggu (misalnya bakteri atau virus). Seluruh saluran pernapasan tubuh manusia memiliki ujung saraf.

Setiap kali bakteri atau virus memasuki saluran, ujung saraf diaktifkan dan mengirim sinyal ke otak. Otak memberi sinyal pada dinding dada dan perut untuk batuk, yang dengan paksa mengeluarkan zat pengiritasi.

Selain itu, batuk juga dapat terjadi karena polusi, infeksi virus, atau peradangan. Jika batuk kamu bertahan lebih dari dua minggu atau tidak kunjung sembuh, berkonsultasilah ke dokter.

Batuk ringan hingga sedang dapat ditangani di rumah dengan bantuan beberapa pengobatan rumahan yang mudah. Yuk kita simak!

1. Kunyit

Ilutrasi kunyit
Ilutrasi kunyit (photo/Unsplash/FOODISM360)

Kunyit adalah ramuan yang telah digunakan selama ribuan tahun. Kurkumin, kandungan utama dalam kunyit dapat membantu melawan kondisi pernapasan seperti sakit tenggorokan, bersin, hidung tersumbat, batuk, bahkan asma dan bronkitis.

Kurkumin juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan batuk. Kamu bisa menambahkan satu sendok teh kunyit ke dalam teh biasa atau segelas susu.

2. Jahe

Ilustrasi jahe
Ilustrasi jahe (photo/Pexels/Joris Neyt)

Jahe diketahui memiliki khasiat antivirus yang bermanfaat melawan virus pernapasan yang menyebabkan infeksi. 

Sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui efek dari berbagai herbal seperti jahe, ginseng, murbei, dan lainnya untuk pengobatan batuk kronis menunjukkan bahwa jahe dapat menekan gejala batuk.

Kamu bisa menambahkan dua sendok teh jahe parut dalam empat gelas air, rebus, dan saring airnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan setengah sendok teh jahe ke dalam cangkir teh biasa.

3. Bawang putih

Ilustrasi bawang putih
Ilustrasi bawang putih (photo/Pixabay/Steve Buissinne)

Bawang putih sangat ampuh melawan batuk dan pilek. Bawang putih memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang membantu melawan bakteri dan virus penyebab infeksi saluran pernapasan.

Kamu bisa menambahkan 2-5 siung bawang putih dan setengah sendok teh biji karom dalam empat cangkir air dan rebus selama beberapa menit. Konsumsi air ini sepanjang hari.

4. Lemon dan madu

Ilustrasi madu
Ilustrasi madu (photo/Unsplash/Mae Mu)

Lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat melawan mikroorganisme penyebab infeksi dengan lebih baik.

Selain itu, lemon juga dapat mengurangi kemacetan dan menghilangkan dahak dari bagian belakang tenggorokan. Di sisi lain, madu diketahui dapat menekan batuk dan infeksi saluran pernapasan atas lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu lebih efektif dalam mengobati batuk daripada antibiotik.

Kamu bisa menambahkan beberapa tetes lemon dan satu sendok teh madu ke dalam teh hitam atau segelas air hangat.

5. Obat kumur garam

Ilustrasi garam
Ilustrasi garam (photo/Pexels/Kaboompics .com)

Berkumur dengan air garam hangat mungkin merupakan cara termudah untuk mengatasi batuk. 

Cara ini tidak secara langsung dapat mengobati batuk, tapi berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan peradangan dan gatal di tenggorokan serta mengurangi dahak dan lendir yang ada di bagian belakang tenggorokan.

Panaskan tiga gelas air dalam panci, tambahkan dua sendok makan garam di dalamnya, dan gunakan airnya untuk berkumur setidaknya dua kali sehari.

6. Pelembap udara

Ilustrasi pelembap udara atau humidifier
Ilustrasi pelembap udara atau humidifier (today.com)

Udara yang kering dapat mengiritasi tenggorokan dan mempersulit lendir untuk keluar, terutama pada malam hari, sehingga memicu terjadinya batuk.

Humidifier atau pelembap udara dapat membantu mengubah air menjadi kelembapan yang perlahan-lahan mengisi ruangan dan meningkatkan kelembapan.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyalakan pelembap di kamar tidur kamu sebelum tidur.


Nah, itulah beberapa cara mudah mengobati batuk di rumah yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US