The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Melakukan Sentuhan Fisik dengan Pasangan Bikin Hidup Lebih Panjang
Ilustrasi pasangan berpelukan (Pexels)
Health

Sering Melakukan Sentuhan Fisik dengan Pasangan Bikin Hidup Lebih Panjang

Rabu, 03 Juni 2020 15:25 WIB 03 Juni 2020, 15:25 WIB

INDOZONE.ID - Sentuhan fisik seperti berpelukan dengan pasangan tidak hanya sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang. Tapi pelukan berdampak bagi kesehatan bahkan bikin hidup lebih panjang.

Seperti penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Psychological Science yang mengamati 404 peserta dewasa. Penelitian tersebut dilakukan melalui wawancara telepon selama 14 malam berturut-turut.

Kemudian peserta dipaparkan virus penyebab flu biasa dan dipantau di karantina untuk menilai infeksi dan tanda-tanda penyakit. Tapi hasilnya, penelitian mencatat bahwa pelukan dapat menahan stres, bahkan semakin sering berpelukan meminimalisasi tanda-tanda penyakit parah.

Begitu juga dengan penelitian yang dilakukan oleh University of North Carolina, AS di mana peneliti menemukan bahwa pelukan dan berpegangan tangan membantu tekanan darah menurun.

Tak hanya itu saja, pelukan juga meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga faktor-faktor tersebut menyebabkan hidup lebih sehat dan lebih panjang.

Tapi tahukah kamu berapa lama sentuhan fisik tersebut harus kita praktikkan untuk mendapatkan manfaatnya?

Terapis keluarga Virginia Satir, mengatakan setidaknya membutuhkan empat pelukan dalam sehari untuk meningkatkan kualitas hidup.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US