The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Hal Ini Bukan Berarti Si Kecil Siap Memulai MPASI ya Mom
Ilustrasi bayi MPASI (Pexels/Yan)
Health

3 Hal Ini Bukan Berarti Si Kecil Siap Memulai MPASI ya Mom

Senin, 13 Juli 2020 12:57 WIB 13 Juli 2020, 12:57 WIB

INDOZONE.ID - Kita tahu saat usia bayi sudah memasuki enam bulan, itu artinya bayi sudah boleh makan makanan padat atau MPASI. Tapi mom harus tahu bahwa MPASI tidak hanya berpatok pada usia saja karena kesiapan bayi juga harus dilihat dari fisik si kecil.

Nah, supaya tidak salah lagi mom, berikut ini beberapa hal yang bukan tanda kalau si kecil siap mulai MPASI, seperti yang dilansir dari Today's Parents:

1. Tumbuh gigi

Orangtua banyak berpendapat saat si kecil sudah tumbuh gigi itu artinya bayi siap memulai MPASI. Tumbuh gigi sendiri sering ditandai dengan kebiasaan bayi mengunyah jari, mainan atau rewel saat menyusui kondisi ini sering dianggap si kecil siap memulai MPASI.

Karena sebagian bayi ada yang dilahirkan dengan gigi, jadi tumbuh gigi bukan patokan untuk memulai MPASI.

2. Berat badan dua kali berat lahir

Banyak juga orangtua yang percaya jika berat badan si kecil dua kali lipat dari berat badan lahirnya sudah mulai dikasih MPASI. Namun hal ini tidak bisa menjadi patokan bagi ibu untuk memulai MPASI.

3. Pertambahan berat badan yang melambat

Pertambahan berat badan bayi yang melambat bukan berarti bayi siap memulai MPASI. Karena bayi yang minum ASI eksklusif di usia empat bulan biasanya pertambahan berat badan akan melambat.

Nah, yang dapat menentukan bayi siap MPASI ialah dokter. Jadi mom perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memulai MPASI.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US