The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bahaya Ketika Kamu Tak Menggosok Gigi Selama Pandemi
Menyikat gigi (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)
Health

Bahaya Ketika Kamu Tak Menggosok Gigi Selama Pandemi

Sabtu, 20 Maret 2021 12:39 WIB 20 Maret 2021, 12:39 WIB

INDOZONE.ID - Selama pandemi COVID-19, orang Indonesia disebut jarang menggosok giginya. Hal ini terjadi akibat sistem Work From Home (WFH). Padahal jarang sikat gigi sangat berbahaya loh!

Dari hasil penelitian, pandemi membuat orang-orang malas mengurus kesehatan fisik dan mental, salah satunya jarang menggosok gigi.

Padahal mulut adalah 'pintu gerbang' masuknya kuman dan virus penyebab penyakit. Maka tak heran bila orang semakin banyak jatuh sakit selama pandemi ini karena jarang menggosok giginya.

Biasanya yang terjadi jika kamu jarang menggosok gigi adalah mulut kering, bau mulut (halitosis), gusi berdarah saat sikat gigi, dan nyeri pada gigi dan gusi.

Parahnya, dari hasil penelitian, ada responden yang mengaku tak menyikat gigi lebih dari satu hari. Kebayang gak bagaimana baunya dan joroknya mulut tersebut?

Lalu, apa yang terjadi jika kita tak menyikatnya lebih dari 24 jam? Yang terjadi akan menimbulkan fermentasi mikroorganisme di plak gigi. Hal inilah yang menyebabkan peradangan pada gusi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US