The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Makanan Sehat Pengganti Daging untuk Diet Vegetarian, Bergizi Tinggi
Quinoa untuk diet vegetarian (Maureen Abood)
Health

5 Makanan Sehat Pengganti Daging untuk Diet Vegetarian, Bergizi Tinggi

Sabtu, 17 Oktober 2020 16:55 WIB 17 Oktober 2020, 16:55 WIB

INDOZONE.ID - Bagi pemula, menerapkan gaya hidup vegetarian pasti sangatlah berat, apalagi harus berhenti mengonsumsi makanan enak berbahan dasar daging.

Namun jika sudah terbiasa, maka kamu sendiri akan mendapatkan banyak manfaat vegetarian, baik untuk kesehatan diri maupun bagi lingkungan, alam, dan Bumi.

Makanan Pengganti Daging untuk Vegetarian

Gaya hidup vegetarian semakin populer dan banyak diterapkan. Vegetarian adalah gaya hidup menolak (pantang) mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, unggas, dan ikan.

Banyak orang mengira bahwa vegetarian merupakan gaya hidup yang fokus konsumsi produk dari tumbuh-tumbuhan saja.

Padahal, itu tidaklah benar. Mereka yang berdiet vegetarian masih bisa konsumsi produk olahan dari hewani seperti telur, keju, atau susu.

Diet vegetarian pun seharusnya tidak membuatmu jadi kekurangan protein karena tidak mengonsumsi daging.

Masih ada jenis makanan pengganti daging yang sehat dikonsumsi. Apa saja ya? Berikut dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Quinoa

makanan sehat pengganti daging untuk diet vegetarian
Quinoa (Maureen Abood)

Quinoa mungkin masih terdengar asing, tapi bahan makanan ini mudah kamu temui di supermarket. Biji-bijian dari negara sub-tropis ini kaya akan protein dan vitamin yang sangat cocok sebagai pengganti nasi.

2. Edamame

makanan sehat pengganti daging untuk diet vegetarian edamame
Kacang edamame (Wikipedia)

Edamame atau kacang kapri termasuk camilan sehat karena mengandung protein dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Edamame bisa diolah dengan cara direbus atau dikukus dan disajikan dengan garam.

3. Nangka

bahan makanan pengganti daging untuk vegetarian nangka
Nangka (Instagram/@lisnayun_cooking)

Nangka termasuk bahan makanan pengganti daging favorit para vegetarian. Menurut Food and Drug Administration, kandungan serat di dalam nangka bisa memperlambat penyerapan karbohidrat, serta meningkatkan pertumbuhan probiotik atau bakteri baik) di dalam usus.

4. Kacang merah

makanan sehat pengganti daging untuk vegetarian
Kacang merah (Unsplash/@zhicheng2914)

Dua cangkir kacang merah mengandung protein setara dengan seporsi burger besar. Enaknya, kacang merah bisa disajikan dengan hidangan lain seperti sayur, tumis-tumisan, dessert, atau es kacang merah. Jadi, cocok banget jadi pengganti gizi daging buat para vegetarian.

5. Jamur

makanan pengganti untuk vegetarian yang sehat
Jamur (Pexels/Engin Akyurt)

Bahan makanan dengan tekstur kenyal ini bisa diolah dengan cara ditumis atau dibakar. Sekilas, jamur punya tekstur mirip seperti daging ayam.

Selain lezat, jamur memiliki kandungan serat yang tinggi serta rendah kalori (sekitar 42 kkal per 100 gram jamur).


Nah, itulah beberapa jenis makanan pengganti daging yang sehat dikonsumsi untuk kamu yang menjalankan diet vegetarian. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US