Bersihkan Miss V Pakai Daun Sirih, Aman Nggak Sih?
Daun sirih (freepik)
Health

Bersihkan Miss V Pakai Daun Sirih, Aman Nggak Sih?

Sering digunakan masyarakat

Jumat, 27 Maret 2020 19:38 WIB 27 Maret 2020, 19:38 WIB

INDOZONE.ID - Kesehatan dan kebersihan Miss V harus menjadi perhatian setiap perempuan. Walaupun sebenarnya Miss V termasuk organ tubuh yang memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri melalui cairan. Selain itu, terdapat banyak bakteri baik di Miss V yang bersifat melindungi dari infeksi jamur dan bakteri jahat.

Kendati Miss V memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri, namun perempuan tetap harus melakukan beberapa hal untuk menjaga kebersihannya. Contoh rutin mengganti celana dalam, mengeringkan Miss V sehabis buang air kecil atau buang air besar agar tidak lembap, dan bisa juga menggunakan obat herbal seperti daun sirih.

Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dr Dinda Derdameisya, Sp.OG, secara penelitian daun sirih memang terbukti memiliku efek antiseptik untuk membersihkan organ kewanitaan.

Daun sirih
Daun sirih (India Mart)

"Tapi yang harus dipastikan adalah seberapa banyak kandungan daun sirih yang bisa memiliki efek antiseptik tersebut. Jumlah seharusnya berapa saya belum bisa katakan, masih harus cari lagi. Tapi sepertinya dalam jumlah yang cukup banyak," ujar dr Dinda saat dihubungi Indozone melalui pesan singkat, Jumat (27/3/2020).

Dokter yang sering berbagai edukasi dan tips di akun Instagram @tanyadokdin itu mengatakan, jumlah kandungan daun sirih yang bisa digunakan untuk memberi efek antiseptik bukan yang sehari-hari diolah masyarakat yaitu direbus hanya beberapa lembar lalu dimanfaatkan air rebusannya.

"Kalau itu masih jauh dari yang direkomendasikan dan hanya seperti membasuh Miss V dengan air biasa. Efek antiseptik dari daun sirih itu baru bisa didapatkan dari yang diproduksi pabrik karena yang diambil sari daun sirihnya," ucap dr Dinda.

Dirinya juga menambahkan, penggunaan daun sirih untuk membersihkan Miss V tidak berbahaya. Asalkan jumlah untuk menimbulkan efek antiseptiknya sesuai yang direkomendasikan.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US