The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Memperbaiki Pola Tidur Selama Ramadan
Ilustrasi pola tidur yang baik (Healthy Burnett)
Health

Cara Memperbaiki Pola Tidur Selama Ramadan

Tips perbaiki pola tidur.

Sabtu, 16 Mei 2020 08:46 WIB 16 Mei 2020, 08:46 WIB

INDOZONE.ID - Bagi umat Muslim, pola tidur selama bulan Ramadan pasti berubah dari biasanya. Karena itu kamu harus memperbaiki pola tidur agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan. 

Sebagaimana dilansir The National, setidaknya ada 3 cara agar kualitas tidur di bulan Ramadan membaik. Berikut pemaparan selengkapnya:

1. Hindari konsumsi minuman berkafein

Minum kopi
Kurangi minum kopi (Boldsky)

Selama 7 jam, kafein bisa mengendap di dalam tubuh. Lebih baik hindari minuman ini saat berbuka puasa. Perlu diketahui, kandungan kafein dalam teh atau kopi yang kamu minum saat berbuka memungkinkan mata untuk tetap terjaga. 

2. Perbaiki asupan makanan 

Konsumsi makanan bergizi
Makan sayuran (Biomed Sentral)

Mengisi energi saat berbuka puasa sebaiknya harus dilengkapi kebutuhan akan gizi. Kurangi makanan atau minuman manis berlebihan. Sebisa mungkin hindari makanan pedas atau manis terlalu banyak saat berbuka, karena bisa memicu gangguan pencernaan yang berakibat terganggunya pola tidur saat malam hari. 


3. Perbanyak kuantitas tidur 

Ilustrasi tidur siang
Ilustrasi tidur siang (Sleep Recognition)

Tak ada salahnya untuk perbanyak kuantitas tidur di siang hari atau satu hingga dua jam sebelum beraktivitas pagi setelah salat subuh. Selain tetap menjaga energi, tidur siang juga berpahala lho. Namun pada saat waktunya ibadah, jangan sampai terlewatkan juga ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Dinno Baskoro
JOIN US
JOIN US