The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Vaksinasi dalam Perjalanan Mudik Tidak Disarankan, Dinkes: Situasi Kurang Kondusif
Penumpang bus antarakota antarprovinsi (AKAP) memindai QR Code aplikasi PeduliLindungi di terminal tipe A Batoh, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (23/4/2022). (ANTARA/Irwansyah Putra)
Health

Vaksinasi dalam Perjalanan Mudik Tidak Disarankan, Dinkes: Situasi Kurang Kondusif

Harus fit dalam perjalanan.

Minggu, 24 April 2022 08:18 WIB 24 April 2022, 08:18 WIB

INDOZONE.ID - Melakukan vaksinasi COVID-19 dalam perjalanan mudik lebaran atau Idul Fitri 1443 H/ 2022 M tidak disarankan karena situasinya yang kurang kondusif. Sebab, saat mudik setiap orang terutama pengemudi membutuhkan istirahat yang cukup.

Menurut Kepala Dinkes Sumsel Lesty Nurainy di Palembang, saat perjalanan darat yang jauh, pemudik otomatis sulit mendapatkan waktu istirahat yang optimal. Karena itu, ia menyarankan untuk melakukan vaksinasi jauh sebelum melakukan perjalanan.

“Maka dari itu kami mengharapkan pemudik sudah selesai vaksinasi, yang lebih baik lagi vaksin dosis ketiga, seperti yang diharapkan pemerintah, jauh sebelum melakukan perjalanan,” tuturnya, dikutip dari Antara pada Minggu (24/4/2022).

Meski demikian, Dinkes Sumsel tetap menyiapkan sentra pelayanan vaksinasi COVID-19 tersebut saat arus mudik yang terpusat di beberapa pos pelayanan dalam Operasi Ketupat Musi pada pada 28 April-9 Mei 2022.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari saat Mudik karena Sebabkan Kantuk, Salah Satunya Tinggi Karbo

Menurut Lesty, pos pelayanan sentra vaksinasi itu berada di terminal bus besar, pelabuhan dan bandara.

“Sementara layanan kesehatan umum disiapkan di pos yang berada di jalan lintas perbatasan kabupaten/kota,” ujarnya.

Lesty mengimbau kepada pemudik untuk menjaga kondisi kebugaran tubuh, menyiapkan obat-obatan pribadi sebelum melaksanakan perjalanan dan jangan memaksakan diri bila dalam kondisi yang kurang sehat. Harus istirahat yang cukup.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US