The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selain Virus Corona, Ini Pandemi yang Pernah Menyebar di Dunia
Ilustrasi pandemi mematikan. (Envatoelements/maxxyustas)
Health

Selain Virus Corona, Ini Pandemi yang Pernah Menyebar di Dunia

Wabah yang mematikan.

Jumat, 13 Maret 2020 12:21 WIB 13 Maret 2020, 12:21 WIB

INDOZONE.ID - World Health Organization (WHO) meningkatkan status virus corona atau covid-19 menjadi pandemi global sejak Rabu (11/3/2020).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pandemi memiliki arti wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas.

Menurut WHO, status pandemi ditetapkan jika sebuah penyakit baru yang menyebar ke berbagai wilayah di dunia dan belum ada penangkal kekebalannya.

Berdasarkan worldometers, Jumat (13/3/2020), saat ini tercatat ada 134.768 kasus virus corona dengan total kematian sebanyak 4.983.

Namun, taukah kamu selain virus corona, ternyata ada beberapa pandemi yang mewabah di dunia. Apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut pandemi yang menjadi wabah mematikan hampir di seluruh dunia.

1. HIV/AIDS

Selain Virus Corona, Ini Pandemi yang Pernah Menyebar di Dunia
Ilustrasi HIV/AIDS. (Envantoelements/ktsimage)

Penyakit HIV/AIDS ini pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1976. Dan telah menewaskan sebanyak 36 juta orang. Penyakit ini timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.

HIV/AIDS dapat ditularkan melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik, serta antara ibu dan bayi selama masa kehamilan atau menyusui.

2. Flu Spanyol

Selain Virus Corona, Ini Pandemi yang Pernah Menyebar di Dunia
Ilustrasi virus. (Envatoelements/claudioventrella)

Flu Spanyol atau influenza 1918 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus H1N1 dengan gen asal burung.

Pandemi selain corona mematikan ini menyebar ke seluruh dunia selama tahun 1918 hingga 1919. Saat itu, sekitar 500 juta orang di seluruh dunia terinfeksi dan 50 juta jiwa meninggal.

3. Black Death

Selain Virus Corona, Ini Pandemi yang Pernah Menyebar di Dunia
Ilustrasi bakteri. (Envatoelements/claudioventrella)

Black death atau penyakit hitam memakan 75 juta korban di seluruh dunia. Pandemi mematikan ini disebabkan oleh bakteri bernama Yersinia Pestisini. Bakteri ini menyebar melalui kutu binatang pengerat seperti tikus atau marmut.

Pada abad ke-14, black death menghancurkan tiga benua sekaligus, yakni Asia, Eropa dan Afrika. Hingga kini, penyakit ini masih banyak ditemukan di daerah pedesaan Amerika bagian barat dan Afrika.

4. Cacar

Selain Virus Corona, Ini Pandemi yang Pernah Menyebar di Dunia
Ilustrasi cacar. (Envatoelements/halfpoint)

Pandemi mematikan yang pernah menyebar di dunia selanjutnya adalah cacar. Penyakit ini muncul sejak 300 tahun sebelum masehi dan telah memakan lebih dari 300 juta jiwa.

Cacar disebabkan oleh virus varicella-zozter. Penyebarannya berlangsung secara aerogen, atau menggunakan udara sebagai media perantara.

Namun, saat ini cacar bisa disembuhkan dengan beberapa cara, salah satunya memberi salep atau minum obat antihistamin, untuk mengurangi rasa gatal.

5. Kolera

Selain Virus Corona, Ini Pandemi yang Pernah Menyebar di Dunia
Ilustrasi virus kolera. (Envatoelements/claudioventrella)

Kolera merupakan penyakit bakteri yang dapat menyebabkan diare berat dan dehidrasi. Penyakit ini biasanya menyebar di dalam air.

Pandemi mematikan ini berasal dari India. Wabah ini menyebar dari Delta ke Sungai Gangga hingga menuju Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika Utara.

Total kematian akibat pandemi ini mencapai satu juta jiwa. Di Inggris, kematian akibat kolera mencapai sekitar 23.000 orang.


Itulah beberapa pandemi selain corona paling mematikan dan pernah menyebar di dunia. Ada pandemi lainnya yang kamu tau?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US