The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menuju Endemi, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Vaksin Booster
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga. (ANTARA FOTO/Fauzan)
Health

Menuju Endemi, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Vaksin Booster

Untuk melindungi diri.

Selasa, 04 Oktober 2022 14:30 WIB 04 Oktober 2022, 14:30 WIB

INDOZONE.ID - Menuju endemi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meminta kepada seluruh masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin booster sebagai salah satu persiapan.

“Untuk vaksin 1 dan 2, itu kalau ditotal sudah 73 persen, artinya sudah di atas standar WHO. Namun, booster 1 kita masih cukup rendah 23,13 persen,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dikutip Antara dalam acara Siaran Sehat.

Pemerintah akan bekerja keras untuk menjangkau lebih banyak masyarakat untuk vaksin booster COVID-19.

Baca juga: Tanda Hilangnya Pandemi COVID-19 Mulai Terlihat, Ini Persiapan Kemenkes Menuju Endemi

Karena booster masih berkeliaran dengan vaksin booster menurut Syahril potensi penularan akan lebih rendah. Selain itu, booster juga meminimalisir efek dari paparan COVID-19.

“Jadi booster ini jangan dianggap, ah sudahlah kita sudah melandai, ga usah lagi. Jangan, kita harus tetap (booster),” ujarnya.

Dalam Siaran Sehat itu, Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro jug a menegaskan vaksin booster COVID-19 semakin diperlukan saat aktivitas dan mobilitas masyarakat sudah kembali normal.

Baca juga: Usai Sebut Pandemi Akan Berakhir, WHO Minta Dunia Gak Buru-buru Nyatakan Endemi

Menurutnya, vaksin booster jadi tameng utama dalam melindungi diri sendiri dan keluarga dari bahaya COVID-19.

“Sekarang banyak yang menganggap COVID-19 seperti flu biasa. Itu karena sudah ada imun di dalam tubuhnya, jadinya lebih kuat. Kalau terinfeksi pun gejalanya jadi ringan dan mengurangi resiko kefatalan,” jelas Reisa.

Jika tidak menerima suntikan booster, tingkat imunitas tubuh akan hilang dan bisa kembali ke level awal sebelum mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan booster jadi salah satu alasan Indonesia belum keluar dari status pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat yang belum mendapatkan vaksin booster COVID-19 untuk segera mendapatkannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US