The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bahayakah Langsung Minum Obat setelah Ngopi? Ini Kata Dokter
Ilustrasi kopi. (Pexels/Chevanon Photography)
Health

Bahayakah Langsung Minum Obat setelah Ngopi? Ini Kata Dokter

Aman.

Rabu, 03 Agustus 2022 16:25 WIB 03 Agustus 2022, 16:25 WIB

INDOZONE.ID - Saking sukanya dengan kopi, beberapa orang mungkin tidak pernah melewatkan untuk mengonsumsi minuman yang memiliki sensasi rasa pahit tersebut.

Selain itu, beberapa orang terkadang memilih untuk tetap ngopi meski baru saja mengonsumsi obat. Bahkan, ada pula orang yang nekat minum obat pakai kopi. Berbahayakah hal tersebut?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialiasi dan Hematologi Onkologi Medik, Prof Zubairi Djoerban menjelaskan bahwa hal tersebut sebenarnya tidak masalah asalkan pada dosis normal dan telah dikonsultasikan ke dokter.

Menurutnya, beberapa obat seperti teofilin (obat sesak napas) dan glimepidid (obat diabetes) memang bisa dipengaruhi oleh kopi.

Prof Zubairi menambahkan, minum obat teofillin bersamaan dengan kopi bisa menyebabkan efek samping bertambah.

Hal tersebut karena kandungan teofilin dan kafein ada yang berefek sama yaitu merelaksasikan otot-otot untuk membuka saluran napas. Kombinasi kafein dan teofilin (untuk asma) bisa meningkatkan efek dari teofilin. Baik itu cara kerjanya, efektivitasnya maupun efek sampingnya.

Beri jarak minum kopi dengan konsumsi obat

Jika ingin ngopi, beri saja jarak sekitar 1-2 jam setelah mengonsumsi obat. Namun, hal tersebut tetap didasari konsultasi dengan dokter. Jika orang tersebut tidak pernah minum kopi tapi tidak sengaja mengonsumsinya dengan obat tertentu, maka harus hati-hati.

Sebab, kalau tidak pernah minum kopi, kemudian ngopi, tekanan darahnya bisa naik sebentar apalagi ditambah dengan obat.

Namun, yang pasti menurut Prof Zubairi, bila rutin mengonsumsi kopi harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Pastikan selalu mengikuti intruksi dan berkonsultasi dengan dokter.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US