Manfaat Yoga Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi yoga tertawa. (Pexels/Luis Quintero)
Health

Manfaat Yoga Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh

Jangan lupa tertawa ya guys.

Astrid
Jumat, 13 September 2019 11:34 WIB 13 September 2019, 11:34 WIB

INDOZONE.ID - September merupakan bulan Yoga Nasional di Amerika Serikat, yang ditujukan untuk meningkatkan minat warga akan manfaat yoga untuk kesehatan jasmani dan rohani.

Yoga, salah satu jenis olahraga yang dikenal sejak zaman dahulu. Aktivitas yoga pada umumnya meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur. Aspek-aspek yang menjadi fokus dari latihan fisik melalui yoga adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas.

Tapi, tahukah kamu bahwa saat ini ada jenis yoga yang terbilang unik yaitu yoga tertawa. Yoga tertawa tak jauh beda dengan yoga pada umumnya. Namun, jenis yoga yang dirancang oleh dokter India bernama Madan Kataria pada tahun 1995, ini menggabungkan latihan kelompok yang menyenangkan dan bernapas dalam, untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan dengan memperbanyak tawa.

"Ini disebut yoga tertawa karena pernapasan diafragma yang terjadi ketika kita tertawa," kata salah satu instruktur yoga tertawa dari Atlanta, Celeste Greene.

Pada awalnya, tawa disimulasikan sebagai sesuatu yang mengalir saja. Namun, ketika para siswa saling “menghangatkan” satu sama lain, tawa tersebut menjadi asli dan menular. Efek tertawa dapat menyebabkan relaksasi tubuh dan mengurangi stres.

Para peneliti telah melakukan berbagai penelitian untuk menyelidiki manfaat tertawa secara mendalam, Dr. Lee Berk dan Dr. Stanley Tan dari The Loma Linda University, California mengungkapkan tujuh manfaat tertawa yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah
2. Mengurangi hormon stres
3. Melatih otot perut
4. Meningkatkan fungsi jantung
5. Mengaktifkan sel kekebalan khusus
6. Memicu pelepasan endorfin
7. Meningkatkan rasa nyaman

Saat seseorang tertawa, serotonin dan edorfin di otak akan meningkat sehingga jumlah hormone stres akan tergerus dalam tubuh. Endorfin sendiri dikenal sebagai obat alami yang berfungsi sebagai penghilang rasa nyeri di tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

    TAG
    Editor Media
    Editor Media

    Astrid

    Editor
    TERKAIT DENGAN INI
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE