The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bahaya Minum Susu Sapi Mentah seperti yang Dilakukan DJ Dinar Candy
Instagram/@dinar_candy/Ilustrasi/Unsplash
Health

Bahaya Minum Susu Sapi Mentah seperti yang Dilakukan DJ Dinar Candy

Jumat, 27 Desember 2019 16:07 WIB 27 Desember 2019, 16:07 WIB

INDOZONE.ID - DJ Dinar Candy beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan karena memperlihatkan aksinya yang meminum susu sapi langsung dari sapinya alias mentah. DJ seksi ini tampak kesenangan karena bisa mencicipi susu sapi tersebut.

Hingga saat ini, soal meminum sapi mentah masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan minum susu sapi mentah tidak sehat karena terdapat banyak bakteri di dalamnya.

Namun, beberapa orang menyebut bahwa meminum susu sapi mentah justru menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih banyak.

Lalu, sebenarnya berbahayakah meminum susu sapi mentah?

susu sapi
Ilustrasi/unsplash

Susu sapi yang belum diperah memang bersifat steril dari bakteri. Namun, susu sapi bisa terkontaminasi bakteri saat proses pemerahan. Susu bisa terkontaminasi dari kulit dan feses sapi, tangan si pemerahnya, hingga tempat penyimpanan susunya.

Adapun bakteri berbahaya yang ada di susu sapi mentah di antaranya yaitu Salmonella, E.coli, Campylobacter, S. aureus, Yersinia enterocolitica, serta Listeria monocytogenes.

sapi
Ilustrais/Unsplash

Nah, semua bakteri ini akan mati saat susu sudah dipanaskan dengan suhu tertentu atau membunuh bakteri dengan metode pasteurisasi atau ultra-heat treatment.

Bakteri yang terdapat di susu mentah sendiri bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan, yang gejalanya seperti diare, nyeri perut, muntah-muntah hingga demam.

Meminum susu mentah lebih berisiko pada wanita hamil, anak-anak hingga orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah. Listeria merupakan bakteri yang biasa terdapat di susu sapi mentah.

hamil
Ilustrasi/Unsplash

Bakteri ini sangat membahayakan kehamilan karena dapat menyebabkan keguguran, penyakit di janin hingga menyebabkan kematian pada bayi yang baru lahir. Oleh karena itu, wanita hamil sangat tidak disarankan meminum susu sapi mentah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US