The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Tips Mengelola Gejala Tiroid Selama Musim Dingin
Ilustrasi pasien tiroid (Istimewa)
Health

4 Tips Mengelola Gejala Tiroid Selama Musim Dingin

Rabu, 25 November 2020 10:01 WIB 25 November 2020, 10:01 WIB

INDOZONE.ID - Kita semua tahu bahwa saat cuaca dingin, pilek dan flu sangat umum terjadi. Tapi banyak di antara kita yang melupakan masalah kesehatan berikut ini yang juga bisa memburuk karena suhu turun.

Penyakit yang dimaksud ialah tiroid. Untuk menghindari komplikasi dan tetap sehat, penting untuk memahami bagaimana cuaca memengaruhi kelenjar tiroid.

Gejala umum hipotiroidisme adalah metabolisme yang lambat, yang membuat pasien yang menderita tiroid peka terhadap cuaca dingin dan keras.

Dilansir dari Times of India, berikut ini cara mengelolanya selama musim dingin.

1. Periksakan tingkat hormon

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah periksa tingkat hormon. Penting untuk menjalani prosedur ini setelah setiap 2-3 bulan atau setidaknya setiap kali selama transisi musiman. Dalam cuaca dingin, kebutuhan tubuh kita akan hormon tiroid meningkat, yang tidak dipenuhi secara alami oleh kelenjar tiroid kita.

2. Berendam di bawah sinar matahari

Berendam di bawah sinar matahari meningkatkan tingkat serotonin dan membantu mengalahkan Seasonal Affective Disorder (SAD). Jadi penting untuk habiskan waktu selama 20 hingga 30 menit di bawah sinar matahari untuk dapat membantu menangkal kelelahan dan depresi.

3. Makan makanan termogenik

Agar tetap hangat di musim dingin, sertakan lebih banyak makanan termogenik dalam diet. Makanan ini menghasilkan panas dalam tubuh saat dicerna dan membantu tetap hangat. Beberapa makanan termogenik ialah, paprika, alpukat, lemak jenuh dari daging mentega, serta minyak kelapa.

4. Gerakkan tubuh

Kamu juga disarankan untuk melakukan latihan fisik. Latihan fisik yang dilakukan untuk menjaga metabolisme mereka dalam kondisi prima dan mengendalikan gejalanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US