The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Kopi Decaf Aman Untuk Kesehatan? Berikut Jawabannya!
Ilustrasi Kopi Decaf. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Health

Benarkah Kopi Decaf Aman Untuk Kesehatan? Berikut Jawabannya!

Selasa, 23 Februari 2021 13:34 WIB 23 Februari 2021, 13:34 WIB

INDOZONE.ID - Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Kendati demikian, tidak semua orang dapat minum kopi karena sensitif dengan efek kafein yang ada di dalamnya.

Kafein dapat membuat seseorang mengalami gangguan tidur,  gelisah, sakit kepala, mual, cemas, gugup, dan juga peningkatan tekanan darah setelah mengonsumsi kafein. Bila kamu mengalami kondisi di atas, tapi tetap ingin mengonsumsi kopi, kopi decaf merupakan pilihan yang baik.

Kopi decaf merupakan kopi yang kandungan kafeinnya telah hampir seluruhnya dihilangkan dari biji kopinya.

Biji kopi decaf setidaknya sudah bebas dari kafein sebanyak 97 persen, dengan proses pembersihan menggunakan air, pelarut, karbon dioksida, maupun filter arang.

Baca Juga: Ternyata Kanker Payudara Ada 4 Tipe, Mana yang Paling Banyak di Indonesia?

Setelah serangkaian proses itu, biji kopi baru menjalani proses pemanggangan dan penggilingan.

Jadi, apakah kopi decaf bisa disebut lebih sehat dibandingkan kopi biasa?

Dikutip dari Klikdokter.com, hal tersebut masih diteliti karena berbagai penelitian menilai konsumsi kopi tanpa membedakan antara jenis kopi biasa maupun kandungan kopi decaf.

Ada pula studi yang tidak melibatkan kopi decaf. Itu sebabnya, saat ini belum bisa disimpulkan apakah kopi decaf lebih sehat dibandingkan kopi biasa.

Namun, studi sudah membuktikan kopi decaf dapat mengurangi kemungkinan mengidap diabetes, risiko kematian prematur, melindungi dari penurunan mental akibat usia, dan mengurangi risiko terjadinya kanker rektum, yakni bagian akhir dari usus besar.

Selain itu, kopi decaf juga aman untuk lambung. Dengan berkurangnya kadar kafein di dalamnya, rasa panas dalam perut, seperti maag, akan berkurang dibandingkan saat minum kopi biasa.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US