The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kolesterol Terlalu Tinggi Bisa Ditandai dengan Arcus senilis, Berikut Penjelasannya!
Ilustrasi kolesterol tinggi (medicalnewstoday.com)
Health

Kolesterol Terlalu Tinggi Bisa Ditandai dengan Arcus senilis, Berikut Penjelasannya!

Selasa, 10 November 2020 10:35 WIB 10 November 2020, 10:35 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki kolesterol tinggi dapat membuat seseorang berisiko besar mengalami beberapa konsekuensi kesehatan yang serius. Arcus senilis berhubungan dengan mata dan merupakan tanda peringatan kolesterol terlalu tinggi.

Arcus senilis ialah istilah medis ketika seseorang memiliki endapan setengah lingkaran abu-abu, putih, atau kuning di tepi luar kornea yang merupakan apisan luar bening di bagian depan mata.

Kondisi tersebut terbuat dari timbunan lemak dan kolesterol biasanya juga disebut sebagai arcus kornea. Arcus senilis lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dan biasanya disebabkan oleh penuaan. Tapi bagi orang muda yang telah memperlihatkan kondisi tersebut hal ini mungkin terkait dengan kadar kolesterol tinggi

Gejala arcus senilis sendiri kamu bisa melihat setengah lingkaran putih atau abu-abu di area atas dan bawah kornea.

Dilansir dari Express, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Nasional AS dari Institut Kesehatan Nasional, arcus kornea diselidiki lebih lanjut.

“Arcus kornea terdiri dari kolesterol, fosfolipid, dan trigliserida,” tulis penelitian tersebut.

“Karena trigliserida serum adalah salah satu keadaan metabolik lipid yang akurat, kepentingan yang lebih besar diberikan, dan ditemukan meningkat pada 72 persen pasien dan berkorelasi positif dengan bertambahnya usia," jelas penelitian tersebut.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa serum trigliserida puasa, salah satu indeks akurat dari status fungsional metabolisme lipid meningkat pada 72 persen kasus yang menunjukkan korelasi yang kuat antara gangguan metabolisme lipid dan kejadian arcus kornea.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US