The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Besok Sudah Lebaran, Terapkan Tips Ini agar Kesehatan Terhindar dari Lemak Jahat
Ilustrasi makan bersama (Pixabay)
Health

Besok Sudah Lebaran, Terapkan Tips Ini agar Kesehatan Terhindar dari Lemak Jahat

Sabtu, 23 Mei 2020 18:06 WIB 23 Mei 2020, 18:06 WIB

INDOZONE.ID - Pada hari Minggu (24/5/2020) besok, umat Islam di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Ini adalah masa puncak setelah umat muslim berpuasa selama 30 hari.

Pada Hari Raya Idul Fitri atau yang kita kenal dengan Lebaran, biasanya akan terdapat berbagai macam dan minuman yang mengundang selera.

Oleh karena itu, ingatlah agar jangan sampai kalap sehingga kesehatanmu tidak bermasalah. Bagaimana tipsnya?

"Pada hari Idul Fitri, Anda dapat menikmati satu kali makan besar, mungkin seperti makan siang keluarga, tetapi makan secukupnya. Usahakan untuk tidak berlebihan," kata pakar diet dari Prime Hospital, Dubai, Lama Sinjer seperti dilansir Khaleej Times.

Sinjer menyarankan agar kamu tidak mengonsumsi makanan dengan terlalu banyak variasi. Cukup makan satu atau dua hidangan utama saja.

Selain itu, kamu disarankan meminum air putih ketimbang minuman bersoda, jus atau sirup. Hindari mengonsumsi makanan manis dan berlemak tinggi agar tidak mengganggu kondisi perut.

Daripada mengonsumsi makanan olahan, pilihlah varietas makanan sehat segar untuk meningkatkan kemungkinan komorbiditas kesehatan,

Sementara waktu hindari asupan kafein untuk mencegah dehidrasi. Ingatlah, jangan membebani perut dengan makanan dalam jumlah besar; sebagai gantinya, makan dalam jumlah kecil namun lebih sering.

makanan saat Idul Fitri
Ilustrasi makanan saat Idul Fitri (Unsplash)

Selain itu, jangan makan larut malam karena akan membebani perut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Sementara itu, Ruba ElHourani, ahli gizi dari RAK Hospital mengatakan ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat Lebaran, terutama dama mengatur pola makan.

"Kita perlu sangat waspada terhadap asupan kalori kita ketika kembali ke kebiasaan makan normal. Selalu ingat ketika kita berpuasa, tubuh telah mengurangi kemampuan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih besar dan kalori yang tinggi dan metabolisme telah disesuaikan," tutur dia.

Agar tidak berdampak pada naiknya berat badan, Ruba menyarankan agar makan secara bertahap saja. Pada awalnya makan camilan sedikit dulu, lalu diakhiri dengan makanan utama.

makan saat Idul Fitri
Ilustrasi makan saat Idul Fitri (Unsplash

Kamu bisa memakan buah-buahan segar seperti kurma dan kismis. Jangan lupa pula untuk memakan sayur dan setelah itu tetap aktif berolahraga.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US