The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Anggap Remeh, Anak Muda Juga Bisa Kena Penyakit Darah Tinggi
Ilustrasi pengecekan tekanan darah (Pexels)
Health

Jangan Anggap Remeh, Anak Muda Juga Bisa Kena Penyakit Darah Tinggi

Sabtu, 27 Februari 2021 16:26 WIB 27 Februari 2021, 16:26 WIB

INDOZONE.ID - Penyakit hipertensi atau penyakit darah tinggi memang kerap dialami orang-orang lanjut usia. Namun, bukan berarti penyakit darah tinggi tidak bisa menyerang anak muda.

Penyakit ini tetap bisa menghinggapi anak muda dalam kategori hipertensi sekunder yang terjadi akibat penyebab tertentu yang berhubungan dengan penyakit di dalam tubuh.

"Misalnya penyempitan pembuluh darah ginjal, dengan memperbaikinya tekanan darah akan terkontrol tanpa obat," jelas President of Indonesian Society of Hypertension (InaSH), dokter spesialis penyakit dalam, Tunggul D. Situmorang, dikutip dari Antara, Sabtu (27/2/2021).

Ada juga hipertensi primer yang penyebab langsung tidak diketahui, salah satunya ada riwayat keturunan hipertensi pada anggota keluarga lain.

Selain karena warisan genetik, pola hidup dan pola makan tidak sehat yang dilakukan oleh orang tua dan anak bisa memunculkan kecenderungan penyakit yang sama.

Karena itulah, Sekretaris Jendral Indonesian Society of Hypertension (InaSH), dokter Eka Harmeiwaty menganjurkan mengurangi makanan yang asin.

Periksa label kemasan makanan, terutama untuk orang yang gemar menyantap makanan siap saji yang umumnya tinggi kandungan garam.

Agar anak juga tidak menjadi "calon" pasien hipertensi, orangtua disarankan tidak memberikan jajanan dengan kadar garam tinggi kepada anak.

Data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa angka kejadian penyakit tidak menular sudah meningkat pada usia 10-15 tahun.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tidak Menular Kementerian Kesehatan Cut Putri Ariane juga mengatakan kini mulai ada kecenderungan terjadi penyakit hipertensi pada usia lebih muda.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US