The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Identik dengan Kesan Mistis, Ini Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan
Ilustrasi bunga melati. (Stish.io)
Health

Identik dengan Kesan Mistis, Ini Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan

Senin, 02 Maret 2020 16:04 WIB 02 Maret 2020, 16:04 WIB

INDOZONE.ID - Di sekitar kita, ada banyak sekali jenis bunga dengan berbagai macam bentuk, warna dan aroma. Ada bunga yang memiliki aroma harum seperti bunga mawar. Ada pula bunga dengan aroma menyengat seperti bunga bangkai.

Dari sekian banyaknya jenis bunga, bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang tergolong unik. Pasalnya, bunga yang satu ini memiliki bentuk dan warna yang indah, namun identik dengan hal-hal mistis.

Ya, seperti yang kita tau, bunga dengan aroma khas ini sering kali digunakan sebagai bunga tabur prosesi pemakaman dan jadi bagian dari bunga tujuh rupa. Bunga dengan nama lain Jasminum ini juga sering dirangkai dan digunakan untuk berbagai acara atau seremonial penting.

Meskipun bunga melati identik dengan kesan mistis, namun siapa sangka jika bunga ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kandungan antioksidan diyakini ampuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, bunga melati juga baik untuk menangkal penuaan dini dan membuat kulit jadi lebih kencang dan cerah.

Selain itu, bunga melati juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan. Berikut ini ulasannya.

1. Menangkal kanker

bunga
Ilustrasi teh bunga melati. (THE FLOW - Pique Tea)

Bunga melati mengandung zat aktif yang juga bersifat anti-karsinogenik dan anti-virus. Kandungan ini berfungsi untuk menangkal penyakit yang disebabkan oleh virus serta menangkal risiko terkenan kanker.

2. Losion untuk masalah kulit

bunga
Ilustrasi wantia memakai losion bunga melati. (WellGood)

Karena memiliki aroma yang khas, bunga melati juga kerap dijadikan campuran dalam berbagai produk, salah satunya ialah losion. Losion bunga melati ini dapat digunakan untuk masalah kulit, seperti terbakar sinar matahari dan biang keringat. Penggunaan losion bunga melati juga dipercaya dapat mengembalikan kelembaban dan elastisitas kulit.

3. Mengatasi sesak napas dan sakit mata

napoas
Ilustrasi orang sesak napas. (pexels/freestocks.org)

Mengonsumsi air rebusan bunga melati secara rutin bisa membuat pernapasan lebih lega. Tak hanya mengatasi sesak napas, bunga melati juga ampuh untuk mengatasi berbagai jenis sakit mata, seperti belekan, mata merah dan iritasi. Untuk mengobati masalah mata, kamu hanya perlu meremas atau menumbuk segenggam bunga melati dan ditempelkan ke atas kelopak mata.

4. Menangkal stres dan meningkatkan kualitas tidur

tidur
Ilustrasi orang tidur nyenyak. (pexels/Zohre Nemati)

Bunga melati yang sudah diekstrak menjadi produk aromaterapi bisa membuat urat saraf mengendur, hingga seseorang akan lebih rileks. Dengan begini, maka tingkat stres akan berkurang dan kualitas tidur jadi meningkat. Menaruh aromaterapi bunga melati di dalam kamar tidur akan membuat tidur seseorang lebih nyaman dan nyenyak.

5. Menguatkan dan menyuburkan rambut

subur
Ilustrasi rambut yang subur. (unsplash/averie woodard)

Kandungan zat kimia yang ada pada bunga melati bermanfaat untuk menguatkan dan menyuburkan rambut. Kamu hanya perlu merebus bunga melati secukupnya, dan teteskan cairan tersebut di atas kepala.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Putri
JOIN US
JOIN US