Penuhi Asupan Cairan Tubuh saat Menstruasi dengan Tips Berikut
Ilustrasi seorang wanita sedang minum air. (Ilustrasi/thethirty.whowhatwear.com)
Health

Penuhi Asupan Cairan Tubuh saat Menstruasi dengan Tips Berikut

Sabtu, 18 Januari 2020 16:21 WIB 18 Januari 2020, 16:21 WIB

INDOZONE.ID - Menstruasi adalah tamu bulanan yang hadir setiap pada wanita. Tetapi ada kondisi dimana menstruasi membuat sebagian wanita merasa tersiksa. Ya ketika nyeri haid melanda. Biasanya di hari pertama dan kedua saat darah sedang deras-derasnya. Terlebih bila disertai kram perut, sungguh cobaan hidup yang luar biasa.

Mengeluarkan darah selama beberapa hari tentu membuat kondisi wanita jadi lebih lemas dan kekurangan cairan. Oleh sebab itu penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terrhindar dari nyeri haid.

Berikut tips untuk memenuhi asupan cairan selama periode datang bulan.

1. Makan Buah

makan buah
Ilustrasi/blog.bongmi.com

Jika kamu malas makan dan minum saat nyeri haid menyerang, cobalah memakan buah sebagai gantinya. Pilih buah yang kaya kandungan air seperti buah pir, semangka, melon, jambu, dan jeruk.

2. Konsumsi Minuman Hangat

minuman hangat
Ilustrasi/ilimassol.com

Minumah hangat bisa membantu membuat perut yang kram menjadi lebih nyaman. Hal ini bisa membuat kamu beristirahat lebih baik.

3. Konsumsi Kaldu Tulang

kaldu tulang
Ilustrasi/inspiredtaste.net

Berdasarkan artikel dari Bustle, seorang ahli gizi bernama Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN menganjurkan wanita untuk mengkonsumsi kaldu tulang saat menstruasi. Kaldu tulang merupakan salah satu sumber asam amino anti inflamasi yang baik. Sehingga bisa membantu meringankan rasa sakit ketika nyeri haid melanda.

4. Perbanyak Minum Air Putih

minum air putih
Ilustrasi/mirror.co.uk

Ya, sebaik-baik minuman adalah air putih. Meski tidak haid pun kita disarankan untuk minum air putih, terlebih jika sedang menstruasi. Kamu tidak harus minum air putih sekaligus dalam jumlah banyak. Cobalah untuk meminumnya setiap dua atau tiga jam sekali supaya perut tidak kembung kebanyakan air.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US