The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingin Sirkulasi Darah Lebih Lancar? Coba Konsumsi 4 Makanan Ini
Potongan ikan salmon. (Unsplash/Caroline Attwood)
Health

Ingin Sirkulasi Darah Lebih Lancar? Coba Konsumsi 4 Makanan Ini

Biar lebih awet muda, guys.

Kamis, 16 Januari 2020 18:30 WIB 16 Januari 2020, 18:30 WIB

INDOZONE.ID - Seiring bertambahnya usia yang disertai dengan pola hidup kita yang buruk, ternyata dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya saja sirkulasi darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Selain dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit dalam yang berbahaya, ternyata juga dapat berdampak langsung pada kesehatan kulitmu. 

Munculnya flek hitam, jerawat, serta kulit yang kering dan kusam merupakan efek yang nampak ketika sirkulasi darahmu memburuk. Hal ini dikarenakan darah yang berfungsi sebagai pengantar oksigen dan nutrisi, tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Guna memperbaiki sirkulasi darah agar peredarannya lancar kembali, selain rutin melakukan olahraga, mengurangi stres, berhenti merokok, dan menjaga berat badan ideal. Mengonsumsi makanan tertentu juga dapat membantu memperlancar sirkulasi darahmu. Nah, berikut adalah beberapa makanan yang biasa kamu jumpai sehari-hari, namun dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

1. Buah Berry

buah berry
Buah berry. (Unsplash/Cecilia Par)

Berbagai jenis buah berries dikenal baik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam buah berry dapat menurunkan tekanan darah di jantung yang berdampak positif bagi sirkulasi darah.

2. Buah Delima

buah delima
Potongan buah delima. (Unsplash/Marta Jastrzebska)

Mengonsumsi jus delima, ekstrak sari delima, ataupun langsung memakan buahnya dapat berfungsi melancarkan sirkulasi darah dan oksigen pada jaringan otot tubuhmu. Manfaatnya akan semakin terlihat jelas ketika kamu mengonsumsinya sebelum melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Sebuah penelitian pada atlet angkat berat profesional pernah mencatat bahwa dengan secara rutin mengonsumsi 500 ml jus delima setiap hari sebelum latihan, tingkat pembengkakan dan kerusakan pada jaringan otot yang dialami setelah latihan dapat berkurang.

3. Ikan Salmon dan Makarel

ikan makarel
Ikan makarel. (Unsplash/Richard Bell)

Asam lemak Omega-3 yang terdapat pada ikan salmon dan makarel sangat berguna untuk melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Selain itu, Omega-3 juga dapat membantu menghancurkan sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah yang menghambat lancarnya aliran darah.

4. Cabai Merah

cabai merah
Cabai merah/ (Unsplash/Ryan Quintal)

Bumbu dapur yang biasa digunakan untuk meningkatkan selera makan ini ternyata di dunia medis juga dikenal karena berbagai manfaatnya. Zat yang terkandung pada cabai merah juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah.

Mengonsumsi cabai merah dapat membantu memperkuat otot-otot pada pembuluh darah sekaligus mencegah terjadinya pembentukan sumbatan-sumbatan yang dapat menghambat sirkulasi darah.

Jadi, mari terapkan pola hidup sehat dan mulai mengonsumsi makanan-makanan di atas supaya sirkulasi darahmu selalu lancar sehingga kamu tetap terlihat awet muda. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana
Fauzi

Fauzi

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US