The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Cara Cegah Mata Lelah Karena Terlalu Sering Menatap Layar Komputer
ilustrasi/reviewob
Health

5 Cara Cegah Mata Lelah Karena Terlalu Sering Menatap Layar Komputer

Senin, 14 Oktober 2019 14:37 WIB 14 Oktober 2019, 14:37 WIB

INDOZONE.ID - Semakin berkembangnya teknologi, orang-orang terus bergantung pada smartphone dan komputer. Entah itu untuk mencari informasi, bermain game atau tuntutan pekerjaan. Tapi taukah kamu jika aktivitas ini sebenarnya dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Bahkan menatap layar komputer sampai 9 jam sehari dapat menyebabkan mata lelah. Mata lelah ini juga disebut sebagai sindrom penglihatan komputer atau computer vision syndrom. Kondisi ini akan mempengaruhi 50 hingga 90% pekerjaan.

Tidak hanya komputer, menatap gadget dalam waktu yang lama juga akan menyebabkan mata lelah. Kalau sudah begini, mata akan lebih sedikit untuk berkedip. Umumnya, orang akan berkedip 18 kali semenit, sementara orang yang terus menatap layar komputer dan gadget hanya berkedip sebanyak 9 kali. Biasanya mata lelah ditandai dengan berbagai gejala, di antaranya mata iritasi atau tegang, mata kering atau basah, penglihatan kabur, meningkatnya sensitivitas pada cahaya, nyeri di leher, pundak dan punggung. Lantas bagaimanakah cara untuk mencegah mata lelah? Simak informasi di bawah ini.

1. Atur pencahayaan dengan baik

mata
ilustrasi/pexels

Dengan pencahayaan yang baik di gadget atau komputer, dapat meminimalisir mata lelah. Hal ini tentunya akan membuat otak berfungsi dengan baik.

2. Atur jarak komputer

mata
ilustrasi/pixabay

Buatlah jarak antara komputer dan mata agar mata kamu tidak kering. Taruh layar komputer sekitar 5- hingga 66 cm jauh dari mata. Kamu juga harus menghilangkan noda atau sidik jari dari layar komputer, karena ini dapat mengganggu kontras cahaya layar.

3. Lihat ke arah lain

mata
ilustrasi/pexels

Jangan terlalu terpaku dengan layar komputer. Setiap 20 menit sekali, cobalah untuk mengalihkan pandangan ke arah lain. Kamu juga bisa membuat jeda waktu istirahat agar mata tak selalu terfokus ke komputer.

4. Sering berkedip

mata
ilustrasi/Cultofmac

Berkedip dapat membantu mata beristirahat sejenak dari radiasi layar komputer atau gadget. Ketika mata sudah mulai terasa perih, cobalah untuk berkedip. Ini akan membuat mata kembali lembap.

5. Periksa mata secara rutin

mata
ilustrasi/All About Vision

Hal lainnya yang tak kalah penting ialah rutin memeriksakan mata. Karena mata adalah komponen terpenting dalam tubuh, cobalah untuk menjadwalkan pemeriksaan mata setiap tahunnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Putri
Putri

Putri

Writer
Putri

Putri

Reporter
JOIN US
JOIN US