Ini Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi daun sirih. (Pixabay/mayapujiati)
Health

Ini Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh

Minggu, 17 November 2019 18:38 WIB 17 November 2019, 18:38 WIB

INDOZONE.ID - Pasti kita pernah mendengar bahwa daun sirih banyak manfaatnya untuk kesehatan. Dan ternyata daun sirih yang termasuk tanaman herbal ini memang paling banyak manfaatnya bagi manusia.

Berbagai penelitian di bagian farmasi mengatakan daun sirih memang memiliki efek yang baik karena memiliki kandungan antiseptic di dalamnya. Tanaman yang tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol dan berbagai jenis minyak esensial.

Makanya tak heran jika daun sirih sering dimanfaatkan untuk obat-obatan, mulai dari obat penurun demam, hingga obat sakit tenggorokan. Namun tak hanya kedua itu saja manfaatnya, ternyata daun sirih juga memiliki segudang manfaat lain yang baik untuk kesehatan.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan memang sudah sejak lama diakui. Daun sirih ternyata mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karotin yang tinggi. Selain itu, daun sirih juga merupakan sumber kalsium yang tinggi.

Berikut ini beberapa manfaat lain dari daun sirih yang di rangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Bersifat anti-kanker

manfaat daun sirih
Ilustrasi. (Pixabay/PDPics)

Daun sirih mengandung sejumlah phytochemical (bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker. Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

Contohnya, mengunyah daun sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Cara lain yang bisa dilakukan yakni meminum rebusan air daun sirih. Cukup dengan merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit, saring, dan minum airnya atau bisa juga ditambahkan dengan madu.

2. Dapat menghentikan mimisan

manfaat daun sirih
Ilustrasi mimisan. (HonestDocs)

Kandungan antioksidan tannin dalam daun sirih ini dapat mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka yaitu dengan membekukan darah lebih cepat.

3. Dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

manfaat daun sirih
Ilustrasi. (Pixabay/Tumisu)

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. 

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Sebuah penelitian melaporkan bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

4. Dapat ringankan sembelit

manfaat daun sirih
Ilustrasi. (WebMD)

Daun sirih yang mempunyai kandungan antioksidan ternyata juga bisa membersihkan tubuh dari radikal bebas. Tak hanya itu, daun sirih juga bisa mengembalikan tingkat pH normal pada perut yang bermasalah sehingga sembelitpun akan hilang.

5. Dapat mengobati sakit asma

manfaat daun sirih
Ilustrasi. (Pixabay/mohamed_hassan)

Asma merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan. Daun sirih memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat mengobati dan mencegah asma kambuh.

Penelitian telah menemukan bahwa aktivitas antihistamin daun sirih dapat menurunkan kasus asma bronkial. Selain itu, minyak sirih dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan asma.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU