Donor Sperma
Ilustrasi donor sperma. (Freepik/Sanborr)
Health

Mau Donor Sperma? Ketahui Hal Ini Dulu

Banyak bahayanya.

Kamis, 20 Februari 2020 11:55 WIB 20 Februari 2020, 11:55 WIB

INDOZONE.ID - Kehadiran buah hati tentunya menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Sayangnya, ada beberapa pasangan yang sulit memiliki anak, sehingga donor sperma menjadi salah satu alternatif.

Di beberapa negara, donor sperma memang cukup digandrungi.

Pertanyaannya, apakah donor sperma termasuk metode yang aman dilakukan? Sebenarnya donor sperma ini belum tentu aman. Apalagi jika pendonor tidak jelas asal-usulnya.

donor sperma
Ilustrasi donor sperma. (Unsplash/Josefin)

Donor sperma biasanya tidak diberikan untuk satu wanita saja. Logikanya, apabila empat wanita mendapatkan sperma dari pendonor yang yang sama, besar kemungkinan anak tersebut memiliki kesamaan genetik.

Meskipun donor sperma mempunyai prosedur yang ketat, namun tidak menutup kemungkinan sperma yang didonorkan memiliki kualitas yang tidak baik. Donor sperma ini bisa menghasilkan keturunan yang terlahir kurang sempurna. 

bayi
Ilustrasi (Unsplash.com/Luma Pimentel)

Diberitakan sebelumnya, RUU Ketahanan Keluarga menuai kontra terutama pasal yang mengatur pidana untuk orang yang mendonorkan sperma, hingga sewa rahim.

Meski banyak yang kontra pemerintah menilai peraturan tersebut dibuat untuk melindungi warganya. Wajar saja, ada kekhawatiran tersendiri mengenai donor sperma.

Bahaya Donor Sperma?

  1. Riwayat genetik yang tidak jelas. Hal ini akan menimbulkan masalah sosial dalam kehidupan.
  2. Donor sperma tak hanya untuk satu wanita saja, bisa juga untuk beberapa lainnya.
  3. Lahir kurang sempurna, atau bisa memiliki kecacatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU