Mau Coba Latihan Crossfit, Ini Syaratnya
Ilustrasi latihan crossfit (REUTERS)
Health

Mau Coba Latihan Crossfit, Ini Syaratnya

cek syaratnya

Rabu, 19 Februari 2020 06:21 WIB 19 Februari 2020, 06:21 WIB

INDOZONE.ID - Malam sebelum berpulang, suami penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) yakni Ashraf Sinclair masih sempat berolahraga. Almarhum menjalani sesi latihan crossfit di studio kebugaran dekat rumahnya. Dirinya dilatih oleh Oka Tripambudi dan menjalani latihan bersama anggota lain.

Tak sedikit orang yang penasaran dengan bentuk latihan crossfit. Menurut Oka, latihan ini menggunakan gerakan sehari-hari yang fungsional. Gerakannya antara lain mengangkat, mendorong, menarik, lompat, dan lari.

"Latihan ini gabungan, ada weightlifting, bodyweight, sama cardio. Jadi gabung ada beban tubuh sendiri dan kardio. Kadang-kadang belajar juga, seperti kuliah," ujar Oka menjawab pertanyaan Indozone, Selasa (18/2/2020) di Studio Niscala, Jakarta Selatan.

Dirinya menerangkan, olahraga crossfit menggunakan alat-alat seperti barbel dan dumbbell rower. Olahraga ini juga memiliki ciri khas yaitu gerakan workout dan intensitasnya berbeda masing-masing orang, disesuaikan dengan kemampuan. Rata-rata olahraga ini dilakukan selama satu jam.

Tempat latihan crossfit
Tempat latihan crossfit (Indozone/Maria Adeline)

Oka menambahkan, crossfit bisa dilakukan oleh semua orang. Hanya saja sebelum memulai latihan, pelatih akan menganalisa riwayat kondisi fisik. Contohnya sempat mengalami cedera atau tidak dan riwayat kesehatan.

"Semuanya perlu ditanyakan karena menentukan program latihan. Kalau ada masalah programnya harus disesuaikan," ucap Oka.

Oka pelatih Ashraf
Oka Pelatih Ashraf Sinclair (Indozone/Maria Adeline)

Porsi latihan crossfit memang disesuaikan dengan kondisi fisik. Sebab tingkat intensitasnya diberikan bertahap oleh pelatih. Mereka yang ingin mencoba harus mengawali di kelas awal. Tujuannya untuk mengetahui perkembangan dan menentukan kenaikan level. Prosesnya terbilang lama, tergantung dari rutinitas dan intensitas latihan.

"Movementnya benar-benar pelan sekali, misalnya belajar squat, movementnya seperti apa. Saya ajari basic dulu ada kelas fundamental, setiap orang baru yang belajar harus melewati kelas itu. Berat atau tidak intensitasnya, bertahap harus naik," pungkas Oka.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US