Benarkah Sikat Gigi 3 Kali Sehari Bisa Turunkan Serangan Jantung?
Ilustrasi/Pixabay
Health

Benarkah Sikat Gigi 3 Kali Sehari Bisa Turunkan Serangan Jantung?

Selasa, 03 Desember 2019 19:52 WIB 03 Desember 2019, 19:52 WIB

INDOZONE.ID - Umumnya kebanyakan dari kita gosok gigi dua kali dalam sehari, yakni pagi hari dan malam hari. Tapi tahukah kamu bahwa menggosok  gigi tiga kali dalam sehari berisiko menurunkan serangan jantung.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology, yang menemukan kaitan antara menyikat gigi dengan risiko gagal jantung dan fibrilasi atrium yang lebih rendah.

Ini karena sikat gigi tiga kali sehari akan mengurangi bakteri yang hidup di antara gigi dan gusi, sehingga mencegah masuknya aliran darah.

Sebelumnya, seorang ilmuwan di Korea telah melakukan penelitian hubungan antara kebersihan mulut dan masalah jantung pada tahun 2003 silam.

Hasilnya, sebanyak 12 persen mereka yang sikat gigi tiga kali dalam sehari dikaitkan dengan risiko gagal jantung lebih rendah dan risiko fibrilasi atrium.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan bakteri dalam darah serta terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU