The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Aturan dan Waktu Makan yang Ideal untuk Membantu Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi makan (Pexels/Destiawan nur agustra)
Health

Aturan dan Waktu Makan yang Ideal untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Kamis, 10 September 2020 11:52 WIB 10 September 2020, 11:52 WIB

INDOZONE.ID - Kita tahu bahwa makanan memainkan peranan penting dalam menurunkan atau menambah berat badan. Tapi tidak hanya apa yang kamu makan, tapi waktu mengonsumsi juga membuat banyak perbedaan.

Karena tidak semua makanan bisa dikonsumsi setiap saat sepanjang hari. Seseorang harus memperhatikan apa yang mereka makan dan kapan.

Dilansir dari Times of India, berikut aturan makan untuk mendapatkan manfaat maksimal dan menurunkan berat badan.

Simak yuk!

1. Sarapan

Sarapan sangat pentingm untuk itu jangan sampai kamu lewatkan. Ini karena sarapan membantu memulai metabolisme dan memberi energi untuk melanjutkan hari itu.

Idealnya saat sarapan seseorang harus konsumsi campuran protein, karbohidrat, dan lemak. Berbicara tentang waktu sarapan, harus ada jeda setidaknya 12 jam antara waktu makan terakhir.

Misalnya, jika kamu makan malam pada jam 8:30 malam, kamu harus sarapan sekitar jam 8:30 pagi.

2. Makan siang

Waktu makan siang tampaknya berdampak paling kecil pada penurunan berat badan. Jika kamu ingin makan sesuatu yang tidak terlalu sehat, waktu makan siang adalah waktu yang tepat. Tapi pastikan mengonsumsi makanan tidak sehat hanya dalam jumlah sedikit, hanya untuk memuaskan keinginan.

Jika kamu sarapan jam 8.00 pagi, kamu harus makan siang sekitar jam 1-2 siang. Ini akan memungkinkan tubuh mencerna makanan dengan benar sebelum makan malam.

3. Makan malam

Para ahli merekomendasikan untuk makan malam sedini mungkin. Idealnya makan malam 2-3 jam sebelum tidur. Ini memungkinkan tubuh membakar sejumlah kalori sebelum kamu tidur.

Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, makan malam sekitar pukul 20:00. Ini akan membantu kamu membakar kalori sebelum tidur dan juga menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US