The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Cara Menghentikan Gusi Berdarah
Ilustrasi gusi berdarah (sonriadentalclinic)
Health

4 Cara Menghentikan Gusi Berdarah

Minggu, 18 Oktober 2020 12:06 WIB 18 Oktober 2020, 12:06 WIB

INDOZONE.ID - Gusi berdarah akibat menyikat gigi terlalu kuat menjadi masalah umum dari kondisi ini. Selain itu kehamilan, cedera dan peradangan juga dapat menyebabkan gusi berdarah.

Peradangan gusi bisa menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri tekan, bahkan bisa menjadi tanda penyakit periodontal, seperti radang gusi atau periodontitis.

Nah, seperti yang dilansir dari Healthline berikut ini cara menghentikan gusi berdarah berdasarkan penyebabnya masing-masing.

Simak yuk!

2. Bersihkan mulut dengan baik

Gusi berdarah bisa jadi karena kebersihan gigi yang buruk. Gusi menjadi meradang dan berdarah saat ada penumpukan plak di sepanjang garis gusi. Plak adalah lapisan lengket yang mengandung bakteri yang menutupi gigi dan gusi. Untuk meningkatkan kebersihan mulut, gosok gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang sekali sehari.

2. Bilas mulut dengan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida bisa kamu gunakan untuk menghilangkan plak, meningkatkan kesehatan gusi, dan menghentikan pendarahan gusi. Saat gusi kamu berdarah bilas mulut dengan hidrogen peroksida setelah menyikat, tetapi jangan menelan larutannya.

3. Gunakan kompres dingin

Gusi berdarah tidak selalu disebabkan oleh penyakit gusi. Tapi gusi juga bisa berdarah karena trauma atau cedera pada jaringan gusi. Kompres dingin yang dioleskan ke garis gusi dapat mengurangi pembengkakan dan membatasi aliran darah untuk menghentikan pendarahan yang terjadi.

4. Minum teh hijau

Minum teh hijau setiap hari dapat membalikkan penyakit periodontal dan menghentikan gusi berdarah. Teh hijau mengandung katekin, antioksidan alami dapat menurunkan respons peradangan tubuh terhadap bakteri di mulut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US