The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Cara Meredakan Tekanan Sinus Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah
Ilustrasi tekanan sinus (freepik)
Health

3 Cara Meredakan Tekanan Sinus Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Kamis, 03 Desember 2020 11:13 WIB 03 Desember 2020, 11:13 WIB

INDOZONE.ID - Sinus adalah rongga berlubang di tengkorak. Mereka ada di sisi depan tengkorak, di sekitar tulang pipi, tengah dahi, di antara mata dan di belakang hidung.

Rongga berlubang tersebut dilapisi oleh sejenis kulit yang dikenal sebagai selaput lendir. Selaput lendir rentan terhadap infeksi atau reaksi alergi yang dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan sinus.

Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit di wajah, hidung, pipi dan dahi. Nah, berikut ini cara untuk meredakan tekanan sinus.

1. Menghirup uap

Sinus kering dapat meningkatkan tekanan sinus dan menyebabkan sakit kepala serta nyeri di bagian wajah lainnya. Menghirup uap dapat menjaga kelembapan sinus dan mengurangi rasa sakit yang terkait.

Menguap uap bisa kamu lakukan di rumah, bersandarlah di atas panci berisi air panas dan tutupi kepala dengan handuk atau kain tebal. Lalu hirup uap melalui hidung selama beberapa menit dan lakukan ini 2-3 kali sehari.

2. Tinggikan kepala

Saat tidur, angkat kepala di atas dada dengan bantal. Cara ini membantu meredakan tekanan sinus saat tidur. Selain itu tidur dengan posisi ini juga membantu bernapas lebih nyaman.

3. Yoga, meditasi, latihan pernafasan dan aktivitas fisik

Yoga, meditasi, dan latihan pernapasan dikenal dapat melepaskan ketegangan dari tubuh. Latihan rutin teknik relaksasi ini dapat meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan dan latihan pernapasan dapat meningkatkan kesehatan sinus serta pernapasan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US