The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waspada, Begini Ciri-ciri Digigit Kutu Kucing
Ilustrasi.(freepik)
Health

Waspada, Begini Ciri-ciri Digigit Kutu Kucing

Ada rekasi pada tubuh.

Selasa, 02 Juni 2020 11:44 WIB 02 Juni 2020, 11:44 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa hari lalu seorang balita di Sragen meninggal dunia karena gigitan kutu kucing. Hewan yang memiliki nama ilmiah Ctenocephalides felis itu membuat jari balita bernama Tsamara Khumaira Mariba itu membengkak yang berujung menjadi tumor. Lantas, apakah gigitan kutu kucing memang berbahaya bagi manusia?

Menurut spesialis kulit dan kelamin, dr Arini Astasari Widodo, Sp.KK, gigitan kutu kucing menjadi berbahaya apabila kutu tersebut membawa kuman Bartonella hensela atau menyebabkan reaksi alergi berupa anafilaksis. Kuman Bartonella hensela dapat menyebabkan cat scratch disease (CSD). Sebenarnya penyakit ini dapat diatasi namun tergantung dengan sistem kekebalan tubuh seseorang.

“Pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh normal, CSD relatif aman. Akan tetapi penyakit ini dapat menjadi berat pada seseorang dengan kekebalan tubuh menurun, atau ada penyakit lain yang mendasari seperti penyakit jantung bawaan,” ujar dr Arini kepada Indozone saat dihubungi melalui pesan elektronik.

dokter
Ilustrasi tengah berobat ke dokter.(freepik)

Selain itu, pada beberapa pasien dengan CSD dapat ditemukan gejala sistemi seperti demam, mengigil, tidak enak badan, sakit kepala, hilang nafsu makan, dan muntah. Tak hanya itu, pada kasus berat pernah ditemukan gejala yang tidak khas seperti peradangan hati atau limpa (hepatitis atau splenitis), peradangan pada organ mata, otak, saraf, tulang, dan pneumonia atipikal. Akan tetapi gejala ini sangat jarang terjadi.

“Komplikasi berat akibat infeksi Bartonella henselae adalah endokarditis yaitu peradangan jantung. Biasanya ini terjadi pada pasien yang memiliki kelainan jantung sebelumnya,” kata dr Arini.

Dokter yang berpraktik di Dermalogia Clinic RS Abdi Waluyo itu menambahkan, ada beberapa orang yang alergi terhadap kutu kucing. Apabila alerginya berat maka dapat menyebabkan reaksi anafilaksis dengan gejala seperti gatal, biduran, sesak, mengi, atau bengkak. Bila tidak ditangani dengan cepat, kondisi ini dapat mengancam nyawa seseorang yang terkena gigitan kutu kucing.

“Apabila mengalami reaksi seperti ini harus segera pergi ke IGD rumah sakit,” pungkas dr Arini.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Maria Adeline Tiara Putri
JOIN US
JOIN US