The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apakah Nantinya Pemberian Vaksin COVID-19 Akan Rutin Setiap Tahun?
Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Health

Apakah Nantinya Pemberian Vaksin COVID-19 Akan Rutin Setiap Tahun?

Jumat, 19 November 2021 10:25 WIB 19 November 2021, 10:25 WIB

INDOZONE.ID - Pada tahun 2022, pemberian vaksin ketiga atau vaksin booster akan dilakukan. Hal ini sendiri pun menimbulkan tanda tanya tersendiri. Mungkinkan kegiatan vaksin dilakukan setiap tahun?

Hal ini pun dijawab oleh Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban. Ia mengatakan bahwa hal ini belum bisa dipastikan. Namun ia berpendapat, bisa jadi bahwa hal itu memang benar adanya.

"Jawabannya belum tahu (akan diberikan setiap tahun atau tidak). Misalnya dulu hepatitis B itu wajib booster. Kemudian ternyata dengan berjalannya waktu, ternyata tidak perlu karena titernya tidak turun-turun juga. Jadi memang perlu waktu untuk membuktikannya," terangnya dalam diskusi daring, Kamis (18/11/2021).

Di kesempatan yang sama, Prof Zubairi menjelaskan riset yang masih berlangsung hingga saat ini yakni membuktikan bahwa vaksin Pfizer dan Moderna cukup efektif melawan varian baru Corona. Misalnya varian Delta, varian yang disebut-sebut memicu lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia pada Juli lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US