Minum Kopi Bikin Otak Fokus, Tapi Tidak Membuat Kreatif
Ilustrasi kopi (Pexels/Pixabay)
Health

Minum Kopi Bikin Otak Fokus, Tapi Tidak Membuat Kreatif

Rabu, 25 Maret 2020 13:50 WIB 25 Maret 2020, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Sudah banyak studi tentang baiknya konsumsi kopi. Bahkan beberapa orang percaya kalau minum kopi dapat meningkatkan konsentrasi bekerja dan membuatnya tetap melek saat bekerja.

Hal ini karena kandungan kafein yang dimiliki kopi. Meski demikian dengan meminum kopi tidak akan banyak membantu kamu meningkatkan kreativitas.

Seperti sebuah penelitian yang diterbitkan  dalam jurnal Consciousness and Cognition, di mana peneliti menemukan bahwa kopi memang dapat membantu meningkatkan konsentrasi, hanya saja tidak memberikan efek dalam meningkatkan kreativitas dalam berpikir.

Dalam penelitian yang melibatkan 80 partisipan diminta minum pil dengan kandungan 200 miligram kafein (setara dengan satu cangkir kopi hitam yang kuat) dan hasilnya kafein mampu memengaruhi pemikiran konvergen tetapi tidak pemikiran divergen.

Itu artinya, kopi akan meningkatkan kemampuan berpikir yang berhubungan dengan menganalisis ide dan kemampuan menyelesaikan masalah, tapi tidak meningkatkan kemampuan menghasilkan ide baru yang berkaitan dengan kreativitas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US