The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hindari Virus Korona dengan Tingkatkan Imun Tubuh Lewat Asupan Berikut
Kiri: Warga memakai masker untuk cegah penyebaran virus korona ( REUTERS/Heo Ran). Kanan: ilustrasi buah jeruk sebagai salah satu sumber nutrisi untuk cegah virus korona (pixabay/Daria-Yakovleva)
Health

Hindari Virus Korona dengan Tingkatkan Imun Tubuh Lewat Asupan Berikut

Tubuh memerlukan sel darah putih.

Selasa, 04 Februari 2020 13:38 WIB 04 Februari 2020, 13:38 WIB

INDOZONE.ID - Virus korona masih jadi perbincangan hangat banyak orang dari seluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak, virus ini bahkan sudah membuat ratusan nyawa melayang dan ribuan orang terinfeksi.

Tak hanya berdampak bagi manusia, virus ini juga mengganggu berbagai aspek kehidupan. Mulai dari sistem pertanian, kegiatan ekspor hingga membuat hampir 10.000 penerbangan dari dan ke Tiongkok dibatalkan.

Kenyataan menyedihkan ini hendaknya menjadi pelajaran banyak orang, untuk lebih memperhatikan dan mengutamakan soal kesehatan.

Aktivitas fisik dan asupan makanan sehat akan membuat daya tahan tubuh meningkat, hingga terhindar dari infeksi virus korona.

Lantas, apa saja sih jenis makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Yuk, simak informasi berikut ini.

1. Vitamin C

jeruk
ilustrasi jeruk sebagai sumber vitamin C (pixabay/S. Hermann & F. Richter)

Selain bagus untuk kesehatan mata, makanan yang mengandung vitamin C juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Jenis vitamin yang satu ini, akan membuat sisa-sisa radikal bebas dalam tubuh keluar. Kiwi dan jeruk adalah dua buah yang memiliki kandungan vitamin C terbaik.

2. Protein

ayam
ilustrasi daging ayam sebagai sumber protein (pixabay/RitaE)

Protein menjadi salah satu sumber nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Protein akan membantu tubuh melawan infeksi virus korona dan memperbaiki sel-sel tubuh. Nutrisi ini bisa didapatkan dari putih telur, ikan dan daging putih seperti daging ayam.

3. Zinc

zinc
ilustrasi susu sebagai sumber zinc (pexels/Engin Akyurt)

Melawan infeksi virus, termasuk juga korona dibutuhkan sel darah putih dengan kualitas baik. Untuk itulah, tubuh memerlukan sel darah putih yang berasal dari asupan seng atau zinc. Sumber ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu dan sereal.

4. Vitamin B12

telur
ilustrasi telur yang jadi sumber vitamin B12 (pixabay/congerdesign)

Selain Vitamin C dan B12, untuk mencegah penyebaran virus korona bisa didapat dengan mengonsumsi makana yang mengandung vitamin B12. Jenis vitamin yang satu ini memiliki peran penting untuk memperbaiki dan mempercepat pemulihan tubuh pasca sakit. Vitamin B12 berasal dari jenis makanan seperti susu dan telur.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Putri
JOIN US
JOIN US