The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

6 Cara Menurunkan Panas Anak Tanpa Minum Obat secara Alami dan Cepat
Ilustrasi anak demam (panadol.ro)
Health

6 Cara Menurunkan Panas Anak Tanpa Minum Obat secara Alami dan Cepat

Sabtu, 26 September 2020 14:34 WIB 26 September 2020, 14:34 WIB

INDOZONE.ID - Dalam artikel ini, Indozone akan membahas seputar cara menurunkan panas anak tanpa obat secara alami dan cepat. Cara meredakan demam anak berikut ini dapat diterapkan orang tua di rumah.

Seperti kita ketahui, demam adalah masalah kesehatan umum yang bisa menyerang siapa saja dari segala usia dan jenis kelamin, termasuk anak-anak.

Pada umumnya, demam bisa sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan khusus. Namun, ada beberapa cara efektif menurunkan panas jika sewaktu-waktu terjadi pada anak.

Cara Alami Menurunkan Panas Anak Tanpa Obat

Lalu, bagaimana cara untuk meredakan demam anak dengan bahan-bahan alami tanpa perlu minum obat dokter? Selengkapnya, simak ulasan berikut ini, dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Mandi air hangat

cara menurunkan demam anak tanpa obat mandi air hangat
Ilustrasi anak demam (panadol.ro)

Air hangat atau ruam-ruam kuku bisa meredakan demam anak. Caranya, kamu hanya perlu memandikan si kecil dengan air hangat tersebut.

Ingat, jangan mandikan anak dengan air dingin jika demamnya masih tinggi karena itu akan membuat anak menggigil.

Untuk merilekskan tubuh, tambahkan sedikit garam ataupun minyak esensial ke dalam air mandi anak. Dengan begitu, suhu tubuh anak akan menurun.

2. Minum air jahe atau teh herbal

cara menurunkan panas anak minum air jahe atau teh herbal
Air jahe (Unsplash/@dominikmartin)

Selain sebagai bumbu dapur salah satu manfaat jahe untuk kesehatan yaitu mengatasi berbagai penyakit, termasuk demam pada anak.

Manfaat jahe tersebut berasal dari sifat antibakteri yang efektif melawan demam, batuk, serta gejala umum lainnya.

Buatlah minuman hangat dari irisan jahe dan berikan kepada anak ketika demam. Biar rasanya tidak terlalu hambar, boleh tambahkan sedikit madu.

Selain air jahe, beberapa jenis teh herbal bisa pula dimanfaatkan sebagai obat demam anak. Misalnya saja, teh chamomile, lemon balm, elderflower, dan yarrow.

Teh herbal mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena hangat dan kaya nutrisi, minum teh herbal memungkinkan proses berkeringat yang sangat efektif menurunkan demam. Teh herbal juga membantu meredakan nyeri tubuh dan membuktikan relaksasi selama demam.

3. Kompres air panas

cara mengatasi demam anak tanpa obat kompres air panas
Ilustrasi anak demam (Unsplash/medibulletin.com)

Kompres air hangat atau panas merupakan cara yang biasa dilakukan orang tua ketika anak demam. Tapi sayangnya, cara ini hanya bisa menurunkan panas sementara waktu saja.

4. Beri makanan halus bernutrisi

cara mengatasi panas demam anak memberi makanan halus bernutrisi
Ilustrasi anak demam makan (parenting.firstcry.com)

Asupan makanan halus dapat memulihkan kembali kondisi anak setelah suhu tubuh tinggi karena demam. Terlebih makanan halus lebih mudah dicerna.

Untuk menambah nafsu makan anak, tambahkan pula sedikit makanan kesukaannya. Sertakan makanan sehat yang mengandung vitamin C, protein, dan lemak sehat.

5. Minum air putih banyak

cara menghilangkan panas anak minum air putih banyak
Ilustrasi anak minum air putih (Unsplash/@johnnymcclung)

Dehidrasi adalah masalah umum selama demam. Ketika suhu tubuh naik, tubuh akan mencoba mendinginkannya dengan mengeluarkan keringat.

Dalam prosesnya, terlalu banyak air yang hilang dari tubuh menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu sebaiknya berikan anak air putih banyak atau jus buah sehat agar cairan tubuh tetap ada.

Cara cepat menurunkan panas anak dengan minum air putih banyak bisa mencegah anak dari dehidrasi. Jadi perlahan, panas anak akan berkurang dan sembuh.

6. Istirahat yang cukup

cara menurunkan panas anak secara alami tanpa obat
Ilustrasi anak demam (raisingchildren.net.au)

Istirahat sangat penting saat anak sakit karena membantu pemulihan lebih cepat. Hindari terlibat dalam aktivitas yang membutuhkan lebih banyak tenaga fisik karena dapat membuat anak gampang lelah dan memperburuk kondisi demam.

Biarkan anak istirahat cukup. Cara ini efektif mengembalikan fungsi normal tubuh si kecil karena efek demam dan membantu menghilangkan panas anak dalam waktu 24 jam.


Itulah beberapa cara menurunkan demam secara alami tanpa perlu minum obat-obatan dari dokter dan tidak akan menyebabkan efek samping apapun. Semoga panas anak bisa segera reda dan pulih kembali, ya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US