The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jaga Kesehatan, Ini 8 Penyakit yang Sering Dialami Selama Musim Hujan
Ilustrasi musim hujan (photo/Unsplash/Aline de Nadai)
Health

Jaga Kesehatan, Ini 8 Penyakit yang Sering Dialami Selama Musim Hujan

Kamis, 16 Juli 2020 19:10 WIB 16 Juli 2020, 19:10 WIB

INDOZONE.ID - Musim hujan adalah musim menikmati cemilan ditemani secangkir teh panas, menikmati hujan dan tanaman hijau. Namun, musim hujan juga dikenal sebagai musim penyakit di berbagai negara.

Dilansir dari news18, Kamis (16/7/2020), tingkat kelembaban dan suhu yang cukup tinggi di sebagian besar negara dapat menyebabkan sejumlah penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit utama yang harus kamu waspadai selama musim hujan:

1. Malaria

Ilustrasi nyamuk malaria
Ilustrasi nyamuk malaria (photo/Unsplash/???? ???????)

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), World Malaria Report, India dan negara-negara di sub-Sahara Afrika merupakan daerah dengan tingkat penyakit malaria terbesar sebesar 85%.

Malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina yang membawa parasit Plasmodium. Penyakit ini disertai demam, kedinginan, dan sakit kepala sebagai gejala utamanya.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghindari genangan air di sekitar tempat tinggal kamu dan menyemprotkan insektisida untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk.

2. Demam berdarah

Ilustrasi nyamuk aedes aegypti
Ilustrasi nyamuk aedes aegypti (photo/Pexels/Pixabay)

Nyamuk Aedes Aegypti membawa virus dengue, dan gejalanya biasanya muncul beberapa hari seletah gigitan nyamuk.

Sebuah penelitian di The Lancet mengungkapkan bahwa India berkontribusi 34% terhadap 96 juta infeksi dengue pada tahun 2010. 

Seperti dalam kasus malaria, kamu harus menghindari genangan air, pekembangbiakan nyamuk, dan gigitan nyamuk ini untuk mencegah demam berdarah.

3. Keracunan makanan

Ilustrasi makanan beracun
Ilustrasi makanan beracun (photo/Pixabay/Meik Schmidt)

Disebabkan oleh bakteri Salmonella dan E.coli, keracunan makanan dapat terjadi selama musim hujan karena kontaminasi makanan dan air.

Kamu disarankan untuk menghindari makan di luar, terutama makanan jalanan. Sebaiknya kamu memakan makanan sehat dan dimasak sederhana di rumah untuk menghindari keracunan makanan.

4. Diare musiman

Ilustrasi diare
Ilustrasi diare (photo/gutCare)

Kontaminasi air minum dan makanan terjadi pada tingkat yang mengkhawatirkan di musim hujan, dan ini menyebabkan kasus diare musiman meningkat.

Penyakit ini menyebabkan kelemahan dan dehidrasi yang ekstrem, dan bahkan bisa berakibat fatal bagi bayi dan anak-anak.

National Health Portal mengungkapkan bahwa penyakit ini dapat dicegah dengan memastikan air minum yang aman, memasak makanan segar dengan matang, dll.

5. Tifus

Ilustrasi tifus
Ilustrasi tifus (photo/Medicalnewstoday)

Tifus adalah penyakit lain yang dapat disebabkan oleh kontaminasi makanan dan air oleh bakteri Salmonella typhi dan Salmonella paratyphi yang sering menyerang anak-anak.

Seperti halnya diare, tifus dapat dicegah dengan melakukan tindakan pencegahan terutama terkait dengan diet dan air minum.

6. Penyakit pernapasan

Ilustrasi bersin
Ilustrasi bersin (photo/Pexels/Andrea Piacquadio)

Flu, serangan asma, alergi, dan influenza cenderung meningkat selama musim hujan. Flu adalah penyakit menular yang memperngaruhi hidung dan saluran pernapasan bagian atas dan dapat menyebabkan pneumonia pada kasus-kasus yang parah.

Kamu bisa menggunakan pelembab udara dan pembersih udara di rumah, dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk menjauhkan kamu dari rangkaian penyakit ini.

7. Penyakit kulit

Ilustrasi penyakit kulit
Ilustrasi penyakit kulit (photo/Pexels/Karolina Grabowska)

Kelembaban dan panas udara yang bergantian selama musim hujan dapat menyebabkan sejumlah besar masalah kulit. Banyak orang mengalami ruam, dan lainnya mengalami infeksi jamur.

Menjaga kulit bersih, lingkungan kering dan tersanitasi, minum vitamin, mineral, dan antioksidan dari makanan dapat membantu kamu menangani penyakit kulit selama musim hujan.

8. Kekurangan vitamin D

Ilustrasi vitamin
Ilustrasi vitamin (photo/Pexels/PublicDomainPictures)

Sinar matahari tidak terlalu sering muncul selama musim hujan, dan ini dapat menyebabkan kurangnya vitamin D.

Jadi makanlah banyak buah dan sayuran yang kaya vitamin dan jika itu tidak cukup, konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen.

Nah, itulah beberapa penyakit yang sering menyerang ketahanan tubuh saat musim hujan yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US