The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Gejala Penyakit Jantung yang Tak Boleh Diabaikan, Bukan Cuma Nyeri Dada
Ilustrasi sakit jantung (health.harvard.edu)
Health

7 Gejala Penyakit Jantung yang Tak Boleh Diabaikan, Bukan Cuma Nyeri Dada

Kamis, 17 September 2020 12:30 WIB 17 September 2020, 12:30 WIB

INDOZONE.ID - Gejala penyakit jantung tidak sama dengan gejala serangan jantung. Selain itu, gejala sakit jantung bukan hanya ditandai dengan gangguan irama jantung atau gagal jantung.

Ada beberapa ciri-ciri lain yang mengindikasikan seseorang menderita penyakit jantung. Selengkapnya akan Indozone ulas dalam artikel berikut ini.

Perlu diketahui bahwa gejala penyakit jantung pada pria maupun wanita berbeda-beda, tergantung setiap jenis penyakit jantung yang diderita seseorang.

Gejala Umum Penyakit Jantung pada Pria dan Wanita

Meski berbeda, gejala umum penyakit jantung dapat dikenali dari beberapa tanda berikut ini, seperti dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Nyeri di bagian dada

gejala penyakit jantung tahap awal pada pria dan wanita
Ilustrasi penyakit jantung (medicalnewstoday.com)

Nyeri dada (angina pectoris) merupakan salah satu gejala penyakit jantung paling umum yang dialami, baik pria maupun wanita. 

Para pria, nyeri dada terjadi di bagian sebelah kiri. Sedangkan pada wanita, gejala nyeri terjadi di bagian dada mana saja dan rasanya seperti diperas atau dihimpit beban berat.

Tanda sakit jantung seperti nyeri dada hampir ditemui di setiap jenis penyakit jantung, mulai dari penyakit jantung koroner, infeksi otot jantung (miokarditis), infeksi selaput jantung (perikarditis), dan katup jantung rusak.

Kondisi nyeri dada ini berlangsung bukan sehari dua hari, tapi bahkan bisa berminggu-minggu. Rasa nyeri pun akan berulang mulai dari 5 menit hingga lebih dari 10 menit sekali.

2. Keringat dingin dan kelelahan

gejala penyakit jantung yang umum keringat dingin dan kelelahan
Ilustrasi kelelahan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Mudah keringat dingin dan merasa sangat kelelahan bahkan saat sedang tidak melakukan aktivitas banyak termasuk tanda kemungkinan penyakit jantung yang dialami. Apalagi, jika kondisi itu berlangsung berhari-hari.

Umumnya, gejala seperti ini dirasakan oleh wanita karena wanita cenderung sering menderita diabetes serta memiliki kolesterol tinggi. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria.

3. Detak jantung tidak teratur

tanda penyakit jantung detak jantung tidak teratur
Ilustrasi detak jantung (health.harvard.edu)

Detak jantung tidak teratur atau disebut palpitasi adalah tanda penyakit jantung tahap awal yang umum dirasakan si penderita.

Kebanyakan orang yang mengalami palpitasi mengaku detak jantungnya akan berhenti sebentar, kemudian dilanjutkan kembali dengan irama yang kencang.

Kondisi detak jantung tidak normal ini biasanya disertai dengan ciri-ciri lainnya seperti sesak napas, pusing, nyeri dada, dan tubuh lunglai.

4. Rasa pegal pada leher

ciri ciri penyakit jantung yang umum rasa pegal pada leher
Ilustrasi pegal pada leher (Pexels/Karolina Grabowska)

Selain nyeri di dada, rasa pegal pada leher, bagian rahang, punggung, atau lengan, bisa menjadi pertanda seseorang menderita sakit jantung.

Pegal leher pada pria biasanya tidak terfokus di sisi kiri, tapi di kedua sisi leher. Sedangkan, nyeri pada wanita bermula dari nyeri di dada kemudian menyebar ke area punggung bawah, punggung atas, dan leher.

Bukan seperti pegal biasa, rasa pegal karena indikasi sakit jantung cenderung lebih sakit seperti mengalami penarikan otot pada bagian leher.

5. Sering pusing dan sesak napas

gejala awal penyakit jantung sering pusing dan sesak napas
Ilustrasi pusing kepala (Pexels/Andrea Piacquadio)

Ciri-ciri sakit jantung ditandai pula dengan sesak napas dan keadaan sering pusing. Kondisi pusing dan sesak napas ini selanjutnya disusul dengan pingsan mendadak.

Mengapa sering pusing dan sesak napas menjadi tanda awal penyakit jantung? Ya, itu karena darah yang membawa oksigen melewati arteri ke jantung tidak cukup, akibat ada plak menumpuk.

Pada wanita, biasanya gejala sakit jantung ini bisa terjadi tiba-tiba, bahkan tanpa didahului aktivitas berat sekali pun.

6. Pembengkakan di bagian perut

tanda gejala penyakit jantung pembengkakan di bagian perut
Ilustrasi perut bengkak (medicalnewstoday.com)

Pembengkakan di bagian perut sebagai tanda penyakit jantung mengakibatkan hilangnya nafsu makan, hingga berujung pada rasa mual berlebih.

Kebanyakan orang tidak begitu menyadari kondisi tersebut merupakan gejala sakit jantung dan mengira hanya sedang mengalami gangguan lambung dan sakit perut biasa.

Yang membedakan sakit perut karena tanda penyakit jantung dengan sakit perut biasa yaitu perut terasa seperti tertekan atau tertimpa beban yang berat.

7. Perubahan warna kulit

gejala penyakit jantung yang umum perubahan warna kulit
Ilustrasi sakit jantung (hackensackmeridianhealth.org)

Terakhir, gejala penyakit jantung yang umum dialami pria dan wanita yaitu perubahan warna kulit seperti muncul ruam berwarna kuning kemerahan, bintik gelap di bawah kuku, serta jari tangan dan kaki berwarna biru.

- Ruam berwarna kuning kemerahan

Perubahan warna kulit seperti ini dikarenakan kadar trigliserida dalam tubuh sangat tinggi. Inilah yang menimbulkan ruam kulit kuning kemerahan dan kulit pecah di sekitar buku-buku jari tangan, kaki, dan bagian bokong.

- Bintik gelap di bawah kuku

Coba perhatikan, apakah ada titik-titik kecil darah di bawah kuku kamu? Jika ada, jangan dianggap sepele karena itu bisa jadi mengarah kepada infeksi selaput jantung atau katup, disebut endokarditis.

- Jari tangan dan kaki berwarna biru

Sirkulasi darah dengan oksigenasi buruk menyebabkan jari tangan dan kaki berwarna biru. Kondisi seperti ini berkaitan dengan kondisi pembuluh darah yang tersumbat, sehingga berpotensi memicu penyakit jantung.


Nah, itulah beberapa gejala penyakit jantung yang umum dialami pria dan wanita, serta tanda penyakit jantung lainnya yag #KAMUHARUSTAU.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US