The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Teh Herbal Ini Membantu Mengatasi Masalah Sembelit
Ilustrasi sembelit (freepik)
Health

3 Teh Herbal Ini Membantu Mengatasi Masalah Sembelit

Selasa, 01 Desember 2020 11:44 WIB 01 Desember 2020, 11:44 WIB

INDOZONE.ID - Sembelit terjadi ketika frekuensi buang air besar menjadi lebih jarang dan tinja menjadi keras, kering dan sulit untuk dikeluarkan.

Kurang asupan serat makanan, aktivitas fisik, tidak cukup minum air, minum obat tertentu dan sindrom iritasi usus (IBS) adalah beberapa penyebab umum sembelit.

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa teh herbal untuk mengatasi sembelit.

Apa saja ya?

1. Teh peppermint

Teh peppermint dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit. Ini karena kehadiran mentol dalam peppermint memiliki efek menenangkan yang dapat membantu merilekskan sakit perut saat mengeluarkan tinja.

Teh peppermint
Teh peppermint (freepik)

2. Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein, stimulan yang mempercepat buang air besar. Tapi minum terlalu banyak kafein bisa menyebabkan diare.

Sebuah penelitian pada hewan tahun 2016 menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut striktinin yang memiliki efek pencahar lebih besar dan meningkatkan pergerakan usus saat diumpankan ke tikus.

teh hijau
Teh hijau (Pixabay/Apple deng)

3. Teh jahe

Jahe digunakan sebagai bumbu dan pengobatan rumahan untuk mengobati berbagai penyakit lambung termasuk sembelit. Minum teh jahe setelah makan membantu melancarkan pencernaan dan mempercepat buang air besar.

teh jahe
Teh jahe (freepik)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US