The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Seputar Swab Test Corona (Covid-19): Prosedur, Lokasi, dan Biaya Tes di Indonesia
Ilustrasi tes swab virus corona (deccanherald.com)
Health

Seputar Swab Test Corona (Covid-19): Prosedur, Lokasi, dan Biaya Tes di Indonesia

Rabu, 03 Juni 2020 17:05 WIB 03 Juni 2020, 17:05 WIB

INDOZONE.ID - Di masa pandemi Covid-19, istilah swab test sering kita dengar. Swab test merupakan salah satu metode pemeriksaan secara medis untuk mendeteksi apakah seseorang terpapar virus corona atau tidak.

Selain swab test, ada juga pemeriksaan Covid-19 yang sering dilakukan yaitu rapid test. Namun, rapid test hanya sebatas pemeriksaan awal (screening) saja.

Rapid test dilakukan dengan pengambilan sampel darah, untuk melihat apakah di dalam tubuh seseorang terpapar imunoglobulin (IgM) dan IgG penyebab Covid-19, atau tidak.

Mereka yang dalam pemeriksaan rapid test menunjukkan hasil positif statusnya dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

Selanjutnya, mereka dengan hasil rapid test positif akan menjalani Swab Test yang menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk melihat hasil yang lebih spesifik.

Dengan metode PCR tersebut, swab test dapat memberikan hasil diagnosa seseorang terinfeksi virus corona lebih akurat dibanding rapid test.

Seputar Swab Test Corona atau Covid-19

seputar swab test Corona Covid-19 di Indonesia
Ilustrasi swab test Corona (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Swab test atau disebut juga dengan tes PCR adalah pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi adanya virus Covid-19 di dalam tubuh.

Untuk diketahui, virus corona penyebab Covid-19 merupakan jenis virus RNA. Karena itulah, tes swab diperlukan untuk mendeteksi virus RNA secara lebih spesifik.

Adapun swab test corona perlu dilakukan oleh orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), orang yang memiliki kontak erat dengan pasien corona, dan pasien dengan hasil rapid test positif.

Dalam proses tes swab, para petugas medis akan mengambil sampel cairan (dahak atau lendir) dari nasofaring (bagian antara hidung dan tenggorokan), orofaring (bagian antara mulut dan tenggorokan), ataupun paru-paru pasien yang diduga terinfeksi corona.

Tes swab dengan sampel nasofaring umumnya lebih direkomendasikan, sementara sampel orofaring akan digunakan sebagai sampel alternatif.

Proses pengambilan sampel pada metode swab memakan waktu sekitar 15 menit dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Sampel dahak yang diambil itu selanjutnya akan diteliti di laboratorium.

Prosedur Pemeriksaan Swab Test Covid-19

prosedur pemeriksaan swab test corona covid-19 di Indonesia
Ilustrasi pemeriksaan swab test (REUTERS/Edgar Su)

Pemeriksaan swab test Covid-19 terbagi dalam dua prosedur yakni lewat hidung dan tenggorokan. Apabila swab test pada hidung tidak memungkinkan, maka tes dapat dilakukan lewat tenggorokan.

Adapun tahapan dalam pemeriksaan swab test secara umum, sebagai berikut:

  • Pasien diminta untuk duduk di kursi, menghirup napas melalui hidung guna memastikan tidak ada sumbatan.
  • Pasien diminta sedikit mendongak, lalu tim medis akan sedikit mendorong kepala pasien ke sisi atas.
  • Tim medis memasukkan alat swab berbentuk cotton bud dengan ukuran tangkai lebih panjang ke dalam lubang hidung.
  • Alat swab akan dimasukkan hingga mentok mencapai bagian belakang hidung.
  • Tim medis akan mengambil sampel cairan dengan cara menyapukan dan memutar alat swab itu selama beberapa detik supaya cairan terserap sempurna.
  • Setelah selesai, alat swab akan dimasukkan ke dalam tabung khusus, ditutup, dan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa menggunakan metode PCR.
     

Berapa Lama Hasil Tes Swab Corona Dapat Diketahui?

hasil tes swab virus corona covid-19
Ilustrasi tes swab virus corona (deccanherald.com)

Pada umumnya, hasil swab test corona akan keluar dalam waktu dua hari. Seperti tes pemeriksaan lainnya, hasil tes swab corona bisa positif atau negatif.

  • Jika Hasil Swab Test Positif

Hasil positif menandakan bahwa ada infeksi virus corona di dalam tubuh. Apabila kamu mendapat hasil positif, maka konfirmasi ulang akan dilakukan pada salah satu laboratorium Pusat Penyakit Infeski Prof Dr. Oemijati (Puslitbang Biomedis serta Teknologi Dasar Kesehatan).

Kemudian, seluruh hasil pemeriksaan laboratorium pemeriksa harus dikirimkan ke Badan Litbabangkes dan Dirjen P2P cq. PHEOC untuk kemudian diteruskan ke Emergency Operation Center (EOC) Pusat Krisis Kesehatan.

Orang yang mendapatkan hasil tes swab corona positif akan diminta menjalani isolasi di ruangan khusus untuk memperoleh perawatan medis secara intens.

Selama masa isolasi itu, tim medis akan mengambil sampel pada tubuh pasien setiap hari untuk melihat perkembangan dari proses penyembuhan Covid-19.

Pasien positif corona yang diisolasi akan diizinkan keluar apabila pemeriksaan sampel menunjukkan hasil negatif sebanyak dua kali secara berturut-turut.

  • Jika Hasil Swab Test Negatif

Sementara itu, apabila hasil swab test negatif, maka ini menandakan tidak adanya infeksi virus corona di dalam tubuh.

Namun, hasil tes yang menunjukkan negatif pada sampel tunggal, belum tentu mengindikasikan ketiadaan virus Covid-19.

Oleh sebab itu, swab test corona tidak cukup dijalani satu kali saja. Untuk mendapat hasil akurat, tim medis menyarankan untuk melakukan tes ulang hingga hasilnya benar-benar negatif.

Lokasi dan Biaya Swab Test Corona

seputar lokasi dan biaya swab test corona Covid-19
Ilustrasi swab test Covid-19 (REUTERS/Amit Dave)

Jika pada rapid test bisa dilakukan di rumah sakit maupun puskesmas manapun dengan metode yang sangat sederhana, maka lokasi pemeriksaan swab test lebih rumit.

Swab test hanya dapat dilakukan di laboratorium berstandar Biosafety Level (BSL) 2. Itu karena tenaga laboratorium BSL 2 dilatih khusus oleh ahli patogenik dan ilmuwan kompeten.

Selain itu, pekerja laboratorium BSL 2 juga wajib memakai kelengkapan khusus -alat pelindung diri (APD) lengkap- seperti baju Hazmat, serta masker dan sarung tangan khusus.

Untuk lokasi swab test corona di Indonesia, saat ini dapat dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) milik Kementerian Kesehatan, serta di beberapa lembaga seperti Lembaga Eijkman, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) dan Universitas Airlangga.

Terkait biaya swab test Covid-19 untuk satu kali pemeriksaan, diketahui tidak ditanggung pemerintah atau dengan biaya sendiri.

Besaran biaya satu kali tes swab corona diketahui bervariasi, sekitar satu jutaan hingga dua jutaan lebih.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US