The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-hati, Bekas Cupang Bisa Sulit Hilang! Berikut Tips Memudarkannya
Ilustrasi memar di leher bekas cupang. (Freepik)
Health

Hati-hati, Bekas Cupang Bisa Sulit Hilang! Berikut Tips Memudarkannya

Kurang zat besi.

Selasa, 15 November 2022 11:08 WIB 15 November 2022, 11:08 WIB

INDOZONE.ID - Buat kamu yang sudah punya pasangan, biasanya pernah melakukan ciuman hingga meninggalkan bekas alias ‘cupang’. Umumnya, bekas cupang terlihat pada bagian leher, dan selang beberapa hari ini akan hilang dengan sendirinya.

Namun, kamu harus tahu, pada beberapa kondisi, bekas cupang justru akan menjadi sulit hilang bahkan lebih dari tiga hari.

"Si pembuat cupang menempelkan bibir ke leher, dan menciptakan vakum (isapan),” ucap seorang ahli kesehatan remaja Sydney Spiesel, dikutip dari situs NPR, Selasa (15/11/2022).

Apabila isapan itu cukup kuat, maka kapiler kecil pada kulit yang terkena akan pecah. Kondisi itu akan menyebabkan memar, atau istilah medis disebut ecchymosis. Memar kemerahan ini, akan butuh waktu lama untuk hilangnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Cupang di Leher dengan Cepat dan Mudah

Sedangkan, dikutip dari Healthline, memar bekas cupang itu nantinya akan terlihat lebih gelap setelah dua hari. Hal itu disebabkan hemoglobin dalam daran akan berubah warna.

Hemoglobin ini merupakan protein kaya zat besi yang membawa oksigen, dan memberikan warna merah pada darah.

memar bekas cupang
Ilustrasi pria yang memberikan cupang di leher ke pasangannya. (Freepik).jpg

Kemudian pada hari keempat atau kelima, bekas cupang itu perlahan akan memudar. Namun, perubahan itu tergantung pada jumlah kerusakan kapiler. Nantinya bekas cupang itu akan memudar dan berubah menjadi kuning atau menghilang selama satu hingga dua minggu.

Kurang Zat Besi

Sementara itu, bagi kamu yang memiliki kekurangan pada zat besi, justru bekas cupang ini akan lebih sulit hilang. Orang dengan kekurangan zat besi, akan lebih mudah meninggalkan memar akibat cupangan.

Umumnya, memar yang ditinggalkan akibat cupangan ini berwarna agak kebiruan dan cepat muncul setelah gigitan kasih sayang diberikan. Lalu, bekas cupangan ini juga lebih sulit hilang dibandingkan orang yang mendapatkan asupan zat besi cukup.

Baca Juga: Benarkah Ciuman Sama Baiknya dengan Menyikat Gigi? Ini Kata Dokter

Jika kamu memiliki tubuh yang sehat, tentu saja akan memperbaiki kerusakan pembuluh darah akibat gigitan itu dengan sendirinya. Sehingga, sangat disarankan agar kamu menjaga asupan zat besi harian hingga hidrasi tubuh.

Cara Hilangkan Cupang

Buat sebagian orang, bekas cupangan yang lama hilangnya, justru akan menjadi hal yang memalukan. Apalagi, jika bekas cupangan itu menjadi bahan lelucon bagi teman sekitar.

Tapi kamu enggak perlu khawatir! Berikut ini, ada beberapa cara agar memar bekas cupangan bisa segera hilang, dikutip dari Healthline:

- Kompres Dingin

Jika kamu sadar bekas cupangan dari kekasih membekas di kulit, coba gunakan es balok dan bungkus dengan kain atau handuk kecil bersih. Kemudian kompres pada bagian memar bekas cupangan tersebut, selama kurang lebih 10 menit.

Hal itu dilakukan untuk memperlambat aliran darah dari pembuluh yang rusak di bekas cupangan. Sehingga memar itu, tidak terlalu lama membekas di kulit. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari, dan cukup hari itu saja diterapkan.

Baca Juga: Manfaat Ciuman yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Bisa Membakar Kalori

1. Kompres Hangat

Setelah hari kedua dan ketiga memar bekas cupang masih ada, coba lakukan dengan kompres air hangat. Kamu bisa gunakan handuk atau kain yang dicelupkan di air hangat, dan kompres area memar itu.

Suhu hangat itu, akan membantu meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Trik ini dapat menghilangkan bekas cupang dengan lebih cepat.

2. Jangan Digosok

Jangan menggosok area memar bekas cupang. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada area memar tersebut. Dengan cara ini, kamu juga bisa mengurangi peradangan dan terhindar dari iritasi kulit.

Gimana, ada yang sudah pernah coba tips hilangkan memar bekas cupang di atas?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Achmad Rafiq
JOIN US
JOIN US