Ngantuk Saat Puasa Sering Melanda? Coba Hilangkan dengan 5 Cara Berikut
Ilustrasi orang ngantuk. (Naturepedic)
Health

Ngantuk Saat Puasa Sering Melanda? Coba Hilangkan dengan 5 Cara Berikut

Jumat, 08 Mei 2020 16:16 WIB 08 Mei 2020, 16:16 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu tantangan yang paling besar saat menjalani puasa Ramadhan, selain rasa lapar dan haus ialah rasa kantuk. Biasanya, rasa kantuk hebat akan menghampiri seseorang di siang hari.

Terlebih bagi mereka yang masih berkutat dengan segudang aktivitas termasuk pekerjaan. Memang, rasa kantuk yang datang di siang hari adalah hal lumrah.

Hal ini disebabkam oleh waktu tidur yang terpotong, karena harus bangun sahur di sepertiga malam sebelum subuh. Maka tak heran bila di siang hari, akan terjadi rasa kantuk yan hebat.

Sedikit banyaknya rasa kantuk yang terjadi siang hari terlebih saat puasa, bisa membuat seseorang jadi kurang fokus menjalani aktivitas dan menyelesaikan pekerjaannya.

Pasti kamu nggak mau kan kalau rasa kantuk malah mengganggu aktvitas harianmu di tengah puasa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumla tips untuk mengatasi rasa kantuk saat bulan Puasa Ramadhan.

1. Coba untuk atur jam tidur

ngantuk saat puasa
Ilustrasi orang tidur. (unsplash/Kinga Cichewicz)

Salah satu alasan kenapa orang ngantuk saat puasa ialah kurangnya jam tidur. Ketika puasa, akan terjadi perubahan pola tidur, karena kamu harus bangun sebelum subuh untuk sahur.

Ada baiknya jika kamu membiasakan diri untuk tidur lebih cepat, agar tubuh tetap mendapatkan istirahat yang cukup, sehingga rasa kantuk dan malas jadi terhindar.

2. Mandi atau wudhu

atasi ngantuk saat puasa
Ilustrasi orang mengambil wudhu. (Saudi Gazette)

Untuk menyegarkan mata dan tubuh dari rasa kantuk, kamu bisa mencoba untuk mengguyur badanmu dengan air. Jika kondisi tak memungkinkan, kamu bisa kok mencoba mengambil air wudhu.

Basuhan air ke bagian wajah, tangan dan lainnya dapat membuatmu kembali berkonsentrasi. Selain itu juga, air wudhu akan membuat sirkulasi darah meningkat, hingga mampu mengirim oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh.

3. Jangan lupa untuk lakukan peregangan

usir rasa kantuk
Ilustrasi orang melakukan peregangan. (pexels/Andrea Piacquadio0

Ketika orang lebih banyak duduk atau rebahan, maka rasa kantuk pun akan muncul. Itulah kenapa kamu tak boleh lupa untuk melakukan peregangan.

Kamu bisa melakukan peregangan dengan berjalan selama beberapa menit, sambil menghirup udara segar. Cara seperti ini dapat melancarkan aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak, sehingga mengusir rasa kantuk.

4. Cobalah untuk mengobrol dengan orang lain

atasi rasa kantuk
Ilustrasi orang mengobrol dengan anaknya. (pexels/Andrea Piacquadio)

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa kantuk ialah mengobrol dengan orang lain. Cobalah untuk membicarakan topik-topik seru, seperti film yang baru dirilis atau lain halnya.

Tapi, jangan sampai kamu mengobrol yang isinya menjurus ke ghibah, karena dapat mengurangi pahala puasa.

5. Mengatur suasana meja kerja

atasi kantuk
Ilustrasi orang bekerja. (pexels/Polina Zimmerman)

Jika kamu adalah seorang pekerja, cobalah untuk mengubah suasana meja kerjamu. Kamu bisa memulainya dengan mengatur peralatan kerja agar lebih rapi, memindahkan posisi barang-barang di meja atau menambahkan foto di meja kerja.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah tampilan desktop komputer dengan pemandangan yang indah. Hal ini dapat membuat mata jadi lebih sejuk dan rilek, hingga rasa kantuk pun akan hilang.
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US