The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Anggap Remeh, Ini 10 Gejala Umum Alzheimer
Ilustrasi gejala alzheimer. (Unsplash/@benwhitephotography)
Health

Jangan Anggap Remeh, Ini 10 Gejala Umum Alzheimer

Ketahui ya.

Senin, 09 Maret 2020 13:55 WIB 09 Maret 2020, 13:55 WIB

INDOZONE.ID - Alzheimer merupakan salah satu jenis penyakit demensia yang sering dialami orang tua. Jumlah penderitanya pun cukup banyak, mereka sering disebut pikun.

Tahun 2016, Orang dengan Demensia (ODD) di Indonesia diestimasikan mencapai 1,2 juta orang. Angka ini diperkirakan dapat meningkat hingga 2 juta pada 2030 dan menjadi 4 juta pada 2050 menurut Alzheimer’s Disease International Report pada 2018.

Apa saja sih gejala alzheimer? Nah ini gejala alzheimer yang perlu kamu tahu seperti dibagikan oleh Alzheimer's Indonesia.

1. Gangguan Daya Ingat

Orang dengan alzheimer awal sering lupa dengan kejadian yang baru saja terjadi, lupa pada janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, hingga sering sekali lupa tempat memarkirkan kendaraan.

2. Sulit Fokus

Sulit melakukan aktivitas, pekerjaan sehari-hari, lupa cara memasak, menggunakan telepon, hingga tidak dapat menghitung secara sederhana. Mereka juga bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Sulit Melakukan Kegiatan Biasa

Gejala alzheimer lainnya adalah sering kesulitan merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari seperti bingung cara mengemudi sampai sulit mengatur keuangan.

Jangan Anggap Remeh, Ini 10 Gejala Umum Alzheimer
Ilustrasi mengemudi. (Pexels/JESHOOTS.com)

4. Disorientasi

Mereka juga sering bingung pada waktu. Seperti bingung berada di mana mereka pada waktu tertentu dan bagaimana mereka sampai di sana. Mereka juga tidak tahu jalan pulang ke rumah.

5. Sulit Memahami Visuospasial

Ini adalah kondisi di mana seseorang sulit membaca, mengukur dan menentukan jarak, membedakan warna, tidak mengenali wajah sendiri di cermin, menabrak cermin saat berjalan, hingga kesulitan menuangkan air ke dalam gelas.

6. Gangguan Berkomunikasi

Mereka mengalami kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat untuk diucapkan. Seringkali mereka berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

Jangan Anggap Remeh, Ini 10 Gejala Umum Alzheimer
Ilustrasi ngobrol. (Pexels/Christina Morillo)

7. Menaruh Barang Tidak pada Tempatnya

Mereka sering lupa di mana meletakkan sesuatu. Bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

8. Salah Membuat Keputusan

Mereka terkadang berpakaian tidak serasi, misalnya memakai kaus kaki yang berbeda warna di kanan dan kiri. Mereka juga tidak bisa memperhitungkan pembayaran dalam bertransaksi dan tidak bisa merawat diri dengan baik.

Jangan Anggap Remeh, Ini 10 Gejala Umum Alzheimer
Ilustrasi memegang uang. (Pexels/Artem Beliaikin)

9. Menarik Diri dari Pergaulan

Tidak memiliki semangat atau inisiatif untuk melakukan aktivitas atau hobi yang biasa dinikmati. Mereka juga tidak terlalu bersemangat untuk berkumpul dengan teman-temannya.

10. Perubahan Perilaku dan Kepribadian

Emosi orang dengan alzheimer berubah secara drastis, menjadi bingung, curiga, depresi, takut atau tergantung yang berlebihan pada anggota keluarga. Mereka juga mudah kecewa dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US