The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ngerinya Kanker Prostat, Penyakit yang Menyerang Joe Exotic, Pria yang Melecehkan Hewan
Joe Exotic (Instagram @joe_exotic)
Health

Ngerinya Kanker Prostat, Penyakit yang Menyerang Joe Exotic, Pria yang Melecehkan Hewan

Selasa, 01 Februari 2022 19:15 WIB 01 Februari 2022, 19:15 WIB

INDOZONE.ID - Joe Exotic bintang "Tiger King" dijatuhi hukuman 21 tahun penjara atas tuduhan pelecehan hewan dan menyewa pembunuh bayaran terhadap aktivis kesejahteraan hewan Carole Baskin.

Namun belakangan, pria bernama asli Joseph Maldonado-Passage itu memohon keringanan hukuman karena dirinya mengidap kanker prostat stadium awal. 

"Tolong jangan membuatku mati di penjara menunggu kesempatan untuk bebas," kata Exotic dilansir The Hollywood Reporter, dikutip dari Antara, Selasa (1/2/2022).

Pada hari Jumat (28/1/2022), seorang hakim federal mengurangi hukuman pria 58 tahun itu hanya satu tahun.

Bahaya Kanker Prostat

Dikutip dari halodoc, kanker prostat merupakan jenis kanker yang menyerang pria dan terjadi dalam kelenjar prostat. 

Jenis kanker ini umumnya memiliki gejala berupa gangguan buang air kecil. Sebagian besar pengidap kanker prostat umumnya berusia lebih dari 65 tahun. Meski begitu, kanker prostat terbilang tidak agresif dan terjadi secara perlahan.

Prostat sendiri merupakan kelenjar kecil yang berada di dasar kandung kemih. Kelenjar ini termasuk dalam sistem reproduksi dan letaknya mengelilingi saluran yang bertugas membawa urine dari kandung kemih menuju ke penis. Selain itu, kelenjar prostat juga berperan sebagai penghasil semen, yaitu suatu cairan yang keluar bersama dengan sperma saat terjadi ejakulasi.

Penyebab dari kanker prostat adalah perubahan genetik atau mutasi pada sel-sel yang berada di kelenjar prostat. Namun, penyebab terjadinya mutasi itu sendiri masih belum diketahui dengan pasti. 

Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko pria mengalami kanker prostat, yaitu usia, obesitas, asupan serat yang tidak terpenuhi, terpapar bahan kimia berbahaya, mengidap penyakit menular seksual, atau adanya riwayat genetik.

Kanker prostat tak bisa dicegah. Namun, perubahan gaya hidup sehat bisa membantu mengurangi risikonya, seperti mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, rutin olahraga, mempertahankan berat badan ideal, tidak merokok dan minum minuman beralkohol.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US