The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kamu Pelupa? 6 Makanan Ini Dapat Membantu Memperkuat Ingatanmu!
Healthy food (Freepik)
Health

Kamu Pelupa? 6 Makanan Ini Dapat Membantu Memperkuat Ingatanmu!

6 makanan penguat ingatan

Jumat, 05 Agustus 2022 17:32 WIB 05 Agustus 2022, 17:32 WIB

INDOZONE.ID - Tak sedikit orang yang sering sekali mengeluh mengenai kekuatan ingatannya. Apalagi di zaman ini, sudah bukan orang lanjut usia saja yang menjadi pelupa, namun remaja hingga dewasa pun sudah sering mengalami lemahnya daya ingat.

Berikut ini adalah sejumlah makanan yang dapat membantumu untuk memperkuat daya ingatanmu.

1. Ikan

Beberapa ikan, seperti salmon, tuna, mackerel, dan ikan lainnya yang kaya akan asam lemak omega 3 dan DHA sudah bukan lagi menjadi hal yang asing untuk membantu menguatkan daya ingat dan juga meyehatkan jantung.

Hal tersebut dikarenakan nampaknya DHA menjadi hal yang sangat penting untuk mengembalikan fungsi neuron otak.

2. Alpukat

Diketahui bahwa alpukat merupakan buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin E. Menurut penelitian Dr. Morris bersama para rekan yang diterbitkan dalam Archives of Neurology, menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dan memiliki antioksidan yang tinggi akan membuat risiko terkena penyakit Alzheimer lebih rendah.

3. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari termasuk biji-bijian yang mengandung sumber vitamin E yang baik.

Dengan memakan satu ons biji bunga matahari panggang kering, sama saja sudah mendapatkan 30% asupan yang baik bagi tubuh, terlebih untuk otak.

4. Sayuran dengan daun berwarna hijau tua

Sayuran dengan daun berwarna hijau tua, seperti kale, bayam, sawi hijau, dan brokoli merupakan sumber vitamin E dan asam folat yang baik.

Vitamin E dan asam folat yang dapat melindungi otak dengan menurunkan kadar asam amino yang dikenal sebagai homosistein dalam darah. Homosistein ini akan menyebabkan kerusakan sel saraf di otak apabila kadarnya tinggi.

5. Kacang tanah dan selai kacang

Walaupun keduanya memiliki kadar lemak yang tinggi, namun lemak yang dikandung merupakan sumber lemak yang sehat yang dibalut dengan vitamin E. Selain kacang tanah dan selai kacang, almond dan hazelnut juga bisa menjadi pilihan lainnya.

Kedua makanan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang terpentin juga menjaga kesehatan otak agar tetap berfungsi dengan baik.

6. Anggur merah

Walaupun terbilang menjadi hal yang tidak sehat secara perilaku, namun mengkonsumsi anggur merah dalam jumlah sedang dan jenis alkohol lainnya dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

"Orang yang minum alkohol atau makan sehat mungkin lebih sehat dalam aspek lain dari kehidupan mereka, jadi sulit untuk menguraikan apakah diet sehat yang melindungi mereka vs. perilaku sehat lainnya." jelas Dr. Carrillo.

Penulis : Keyla Melodia Klees

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Fahmy Fotaleno
Indozone

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US