The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin Setiap Hari
Ilustrasi minum air hangat (photo/pexels/@olly)
Health

10 Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin Setiap Hari

Air hangat.

Minggu, 28 November 2021 20:25 WIB 28 November 2021, 20:25 WIB

INDOZONE.ID - Jika selama ini kamu sering minum air putih dingin, mulai sekarang sebaiknya kamu ganti dengan air hangat. Minum air hangat ternyata memberikan banyak manfaat dan membuat tubuh lebih sehat.

Manfaat minum air hangat dapat kamu rasakan jika mengonsumsi air hangat secara rutin di pagi hari saat perut kosong dan malam hari sebelum tidur.

Kebiasaan sederhana seperti minum air hangat terbukti mampu menjaga metabolisme, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengurangi gejala penyakit.

Manfaat Minum Air Hangat

Kalau kamu penasaran apa saja sih manfaat minum air hangat bagi kesehatan, berikut Indozone bagikan sepuluh manfaat minum air hangat secara rutin setiap hari.

1. Meredakan nyeri sendi


manfaat minum air hangat

Ilustrasi nyeri sendi (photo/freepik/jcomp)

Kamu sering bangun pagi dan merasakan nyeri sendi? Kamu bisa langsung minum air hangat untuk meredakannya. Karena ternyata air putih hangat dapat meredakan nyeri.

Hal ini karena air hangat berperan penting dalam menenangkan sistem saraf dan meningkatkan aliran darah ke jaringan tubuh. Minum air hangat saat menstruasi juga dapat mengurangi kram perut.

2. Mengeluarkan racun


manfaat air hangat untuk tubuh
Ilustrasi minum air putih hangat (photo/freepik/kremen)

Manfaat minum air putih hangat juga berperan sebagai detoksifikasi tubuh. Minum air hangat dapat meningkatkan suhu sehingga tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat.

Saat tubuh berkeringat, maka racun dalam tubuh kamu akan ikut keluar bersama keringat. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kamu bisa tambahkan perasan lemon pada air hangat.

3. Menjaga berat badan


manfaat minum air putih hangat
Ilustrasi berat badan ideal (photo/freepik/rawpixel)

Manfaat minum air hangat lainnya adalah dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Air yang hangat mencegah perut begah dan kembung.

Selain itu, minum air putih hangat dapat mencegah kelebihan bobot air dalam tubuh. Kamu juga bisa menambahkan perasaan lemon pada air hangat untuk membakar lebih banyak kalori.

4. Mengatasi flu dan batuk


manfaat minum air hangat

Ilustrasi flu dan batuk (photo/freepik)

Tahukah kamu bahwa minum air hangat dapat membantu mengatasi flu dan batuk? Saat kamu flu, tubuhmu memproduksi lendir yang berlebihan.

Minum air hangat bisa menghangatkan dan mengurangi produksi lendir tersebut. Uap hangat juga membuat lendir yang menyumbat pernapasan menjadi lebih encer.

5. Melancarkan pencernaan


manfaat minum air hangat di pagi hari
Ilustrasi pencernaan lancar (photo/freepik/fongbeerredhot)

Manfaat minum air hangat di pagi hari salah satunya yaitu bisa melancarkan pencernaan. Air hangat yang kamu minum saat perut kosong sangat baik untuk tubuh.

Air hangat dapat melebarkan pembuluh darah dan menghidrasi tubuh lebih cepat. Makanan yang kamu makan juga akan lebih mudah dicerna usus.

6. Mengatasi sembelit


manfaat minum air hangat
Ilustrasi sembelit (photo/freepik/chatchawan39)

Sembelit terjadi karena adanya penumpukan kotoran pada usus sehingga kinerja usus besar terganggu. Tak heran kalau kamu dianjurkan untuk banyak minum air.

Kalau kamu minum air hangat, usus kamu akan mulai berkontraksi dan pergerakan usus yang lambat menjadi lebih cepat sehingga bisa mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

7. Meredakan stres


manfaat minum air putih
Ilustrasi stres (photo/freepik/topntp26)

Minum air hangat secara rutin ternyata bisa meredakan stres yang kamu alami, loh! Air hangat mampu memperbaiki sistem saraf pusat dan menenangkan tubuh.

Dengan meminum air hangat, otak kamu menjadi lebih rileks dan dapat mengontrol rasa panik sepanjang hari. 

8. Mencegah penuaan


manfaat air putih
Ilustrasi mencegah penuaan (photo/freepik/sosiukin)

Manfaat air hangat yang jarang diketahui adalah dapat mencegah penuaan. Air hangat yang kamu minum membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Kulit kamu pun akan lebih elastis dan tampak awet muda. Gejala penuaan pada kulit kamu juga perlahan-lahan makin berkurang.

9. Meringankan gejala akalasia


manfaat air putih hangat
Ilustrasi akalasia (photo/freepik/pressfoto)

Akalasia merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya kesulitan menelan atau mendorong makanan dari kerongkongan ke dalam perut.

Dengan mengonsumsi air hangat maka akan memudahkan penderita akalasia menelan dengan nyaman dan mengantar makanan ke dalam lambung. 

10. Menghilangkan insomnia

manfaat minum air hangat

Ilustrasi insomnia (photo/freepik/torwaiphoto)

Manfaat minum air hangat lainnya adalah dapat mengurangi gejala insomnia atau kesulitan tidur. Sebab, air hangat akan membuat hormon dan mineral dalam tubuh menjadi stabil.

Otot dan sendi yang tegang juga akan lebih rileks setelah mengonsumsi air hangat sehingga membantu kamu untuk lebih cepat tertidur pulas.


Itulah sepuluh manfaat minum air hangat yang perlu kamu ketahui. Biasakan minum air hangat di pagi hari saat perut kosong dan malam hari sebelum tidur secara rutin agar manfaat yang dirasakan lebih maksimal. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Indriyana
Putri

Putri

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US