The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Hal Penting Sebelum Melakukan Hubungan Seks Pertama Kali yang #KAMUHARUSTAU
Ilustrasi hubungan seks (photo/Pexels/Pixabay)
Health

7 Hal Penting Sebelum Melakukan Hubungan Seks Pertama Kali yang #KAMUHARUSTAU

Sabtu, 18 Juli 2020 21:00 WIB 18 Juli 2020, 21:00 WIB

INDOZONE.ID - Kesalahpahaman tentang seks sangat wajar, terutama terkait perlindungan, infeksi menular seksual (IMS), dan bahkan kehamilan.

Setiap orang memiliki pertanyaan dan keraguan tersendiri tentang hubungan intim dengan seseorang.

Apa yang benar-benar perlu kamu ketahui adalah bahwa ini adalah bagian normal dari kehidupan. Sistem seksual dan reproduksi kamu secara alami terhubung untuk menangani kehidupan seks (selama itu sehat dan aman secara fisik dan mental).

Berikut ini adalah beberapa hal yang sangat penting untuk kamu ketahui sebelum menjadi aktif secara seksual, dilansir Indozone dari news18.com, Sabtu (18/7/2020):

1. Tubuh kamu tidak akan berubah

Ilustrasi tubuh
Ilustrasi tubuh (photo/Unsplash/Tammy Gann)

Tidak peduli berapa kali kamu berhubungan seks, tubuh kamu tidak akan berubah. Tubuh kamu hanya akan berubah ketika kamu terangsang, seperti vulva yang membengkak atau penis yang ereksi.

Dan perlu kamu ketahu, bahwa perubahan tersebut tidak akan bertahan lama dan akan kembali normal dalam beberapa waktu. Jadi, jika kamu berpikir tubuh kamu akan berubah, ini hanya mitos, lupakan dan lanjutkan.

2. Seks yang aman sangat penting

Ilustrasi condom
Ilustrasi condom (photo/Pexels/cottonbro)

Perlindungan dan kontrasepsi bukan hanya tentang pencegahan kehamilan. IMS dan infeksi saluran kemih (ISK) dapat ditularkan saat berhubungan seks.

Mengesampingkan apakah kamu berhubungan dengan satu atau banyak pasangan, pertukaran cairan tubuh selama seks pada kenyataannya dapat menularkan semua jenis infeksi. Jadi, perhatikan kondom dan kontrasepsi kamu dengan sangat serius.

3. Tidak terasa sakit

Ilustrasi sakit
Ilustrasi sakit (photo/Unsplash/Kinga Cichewicz)

Banyak gagasan populer bahwa melakukan seks akan menyakitkan ketika dilakukan untuk pertama kalinya. Tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar.

Kamu mungkin akan merasa tidak nyaman saat pertama kami. Namun, begitu kamu terbiasa, rasa tidak nyaman itu akan hilang.

Jika seks terus terasa menyakitkan, kamu harus memeriksakan diri untuk mengetahui penyebabnya. Endometriosis, fibroid rahim, sistitis, dan lainnya dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks.

4. Orgasme membutuhkan waktu (atau tidak)

Ilustrasi orgasme
Ilustrasi orgasme (photo/Freepik)

Orgasme sedikit lebih rumit dalam kehidupan nyata daripada yang tampak dalam teori. Kamu mungkin tidak akan mengalami orgasme saat pertama kali berhubungan seks jika kamu seorang wanita.

Jika kamu seorang pria, kamu mungkin akan mencapai klimaks lebih cepat dari yang kamu inginkan. Jangan khawatir, waktu dan latihan biasanya akan membuat kamu lebih tahan lama.

5. Ya, kamu bisa hamil

Ilustrasi hamil
Ilustrasi hamil (photo/Pixabay/fernandasuzukimakeup)

Sebagian dari kamu mungkin berpikir bahwa kamu tidak bisa hamil saat pertama kali berhubungan seks, tetapi kamu sebenarnya bisa hamil.

Jika ejakulasi terjadi di dalam vagina atau di dekat lubang vagina, sperma dapat mencapai ovarium.

Cara terbaik untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan adalah dengan menggunakan perlindungan seperti kondom.

6. Komunikasi yang baik 

Ilustrasi komunikasi yang baik
Ilustrasi komunikasi yang baik (photo/Unsplash/You X Ventures)

Selalu ingat bahwa kamu tidak perlu melakukan apa pun yang tidak kamu sukai. Komunikasi yang terbuka adalah salah satu aspek terpenting dari hubungan seksual yang sehat.

Katakan tidak jika kamu perlu dan minta pasangan kamu untuk menghargai pilihan kamu. Demikian pula, jadilah pendengar yang baik. Jika mereka mengatakan tidak, segera tekan rem.

7. Seks bukan segalanya

Ilustrasi berkencan
Ilustrasi berkencan (photo/Pexels/cottonbro)

Seks pasti bisa sangat menyenangkan dan semua orang berhak memiliki kehidupan seks yang sehat. 

Namun, jika kamu atau pasangan kamu tidak dalam mood atau kamu memutuskan untuk tidak melakukan seks, ingat bahwa menjadi aktif secara seksual hanya bagian dari hidup kamu dan tidak semuanya.

Ada cara lain untuk menjadi intim walaupun tidak melakukan hubungan seks, dunia tidak akan berakhir tanpa seks.

Nah, itulah beberapa hal penting sebelum melakukan hubungan seks pertama kali yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US