Lingkungan yang Bersih Dapat Cegah Munculnya DBD
ilustrasi/pixabay
Health

Lingkungan yang Bersih Dapat Cegah Munculnya DBD

Rabu, 13 November 2019 14:28 WIB 13 November 2019, 14:28 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu penyakit yang kerap muncul saat musim hujan ialah demam berdarah (DBD). Penyakit ini sering kali diasumsikan oleh orang-orang berasal dari nyamuk Aedes Aegypti. Padahal DBD sendiri disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk dan masuk ke tubuh manusia melalui gigitan.

Melihat hal ini, Dokter spesialis penyakit dalam dari Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Purwokerto dr. Andreas, Sp.PD mengatakan bahwa DBD dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

doter
ANTARA/wuryanti puspitasari

"Jaga kebersihan lingkungan, terutama pembuangan sampah harap diperhatikan supaya tidak menumpuk dan pada akhirnya menyebabkan banjir dan menjadi sumber penyakit terutama DBD," ujarnya.

Dilansir dari ANTARA, dr. Andreas menambahkan bahwa lingkungan yang bersih dan nyaman menjadi salah satu faktor pendukung untuk membentuk daya tahan tubuh yang kuat.

"Salah satu faktor penting untuk daya tahan tubuh yang kuat dan bagus sangat terkait dengan aspek lingkungan yang bersih dan nyaman karena itu kunci penting mencegah penyebaran penyakit termasuk DBD adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan," ungkapnya.

DBD
ANTARA/Laily Rahmawaty

Dr. Andreas juga mengungkapkan bahwa selain mencegah DBD, menjaga lingkungan agar tetap bersih juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.

"Misalkan dapat mencegah penyebaran penyakit tifoid, diare, flu dan lain sebagainya," ujarnya.

Dr. Andreas mengingatkan agar masyarakat dapat mengenali gejala awal penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang salah satunya adalah munculnya demam secara mendadak.

"Biasanya demam mendadak tersebut disertai nyeri dan pegal-pegal, sakit kepala, dan juga mual atau muntah-muntah," lanjutnya.

DBD
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ia menyarankan agar masyarakat yang mengalami demam selama dua hingga tiga hari supaya memeriksakan diri ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat secepat mungkin.

"Nanti akan disarankan untuk pemeriksaan laborat darah rutin untuk skrining awal terutama bila di sekitar rumah pasien juga ditemukan adanya penderita DBD," tuturnya.

"Jangan sampai pasien datang sudah dalam keadaan syok, tekanan darah turun ataupun perdarahan aktif yang berat," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Putri
Putri

Putri

Writer
Putri

Putri

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU