Sudah Cukup Tidur Tapi Mata Masih Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya
invisionscare
Health

Sudah Cukup Tidur Tapi Mata Masih Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya

Senin, 02 Desember 2019 15:44 WIB 02 Desember 2019, 15:44 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu cara untuk mengistirahatkan mata dan tubuh yang lelah karena seharian beraktivitas ialah tidur. Dengan begini, maka kelelahan dan rasa capek akan hilang keesokan harinya, berganti semangat baru dalam menjalani rutinitas.

Tapi, pernahkah kamu merasa sudah cukup tidur namun mata masih seperti orang yang kelelahan? Ini bisa ditandai dengan mata bengkak, terlihat lelah hingga muncul lingkaran hitam di sekitar mata.

Lingkaran hitam dan mata yang terlihat lelah bisa jadi karena sedang mengalami stres atau kurang tidur. Namun, saat keduanya tak terjadi dalam tubuh, berarti ada indikasi lain mengapa mata masih terlihat lelah padahal tidak stres dan cukup tidur.

Melansir dari Times of India, lima faktor berikut ini mungkin jadi penyebab mata terlihat lelah padahal tidak stres dan cukup tidur. Mau tau apa saja faktornya? Yuk, simak informasi berikut ini.

1. Dehidrasi

dehidrasi
Thehealthblog

Kekurangan asupan air dalam tubuh atau dehidrasi dapat membuat tubuh mengalami pembengkakan, terutama di mata. Ini karena kulit di sekitar mata yang sifatnya sangat sensitif. Ada baiknya jika bangun tidur, konsumsi banyak air putih.

2. Eyestrin

mata
Allaboutvision

Mata yang lelah juga dapat disebabkan karena kebiasaan menyipitkan mata dan berusaha untuk melihat benda yang jauh. Selain itu, kesulitan membaca yang bisa membuat mata tegang juga bisa jadi faktor pemicu mata lelah. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah melebar, bengkak hingga munculnya lingkaran hitam atau mata panda. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengistirahatkan mata selama 20 menit dari alayar komputer atau ponsel.

3. Konsumsi makanan asin

asin
ilustrasi/pixabay

Tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi makanan bercita rasa asin dapat menyebabkan retensi air (pembengkakan) dalam tubuh, terutama di sekitar mata. Retensi cairan ini dapat meregangkan kulit yang tipis di sekitar mata hingga mata terlihat sangat lelah. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengurangi asupan makanan dengan cita rasa asin.

4. Alergi

mata
ilustrasi/thanhnien

Mata yang terlihat bengkak dan lelah, bisa jadi disebabkan oleh alergi. Alergi ini bisa terjadi saat mata bersentuhan secara langsung dengan partikel kecil seperti serbuk sari atau bulu kucing. Kemudian, tubuh akan menghasilkan bahan kimia yang disebut histamin. Yaitu melebarnya pembuluh darah di bagian bawah mata hingga terjadi peningkatan aliran darah dan menyebabkan peradangan.

5. Kelebihan kandungan kafein

kopi
ilustrasi/pixabay

Mengonsumsi 4 hingga 5 cangkir kopi setiap harinya juga menjadi salah satu penyebab mata lelah dan bengkak. Asupan kafein yang berlebihan dapat membuat tubuh dehidrasi, terlihat kusam dan lelah. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengganti kopi dengan teh hijau yang kaya akan antioksidan sehingga dapat menjaga kulit tetap sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU