The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gelombang Ketiga Yang Terjadi di Indonesia Apakah Bisa Dicegah?
Kabar menyebutkan gelombang ketiga bakal terjadi di Indonesia. Bisakah dicegah? (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Health

Gelombang Ketiga Yang Terjadi di Indonesia Apakah Bisa Dicegah?

Jumat, 01 Oktober 2021 11:36 WIB 01 Oktober 2021, 11:36 WIB

INDOZONE.ID - Kasus COVID-19 di Indonesia sudah mulai menurun sejak September 2021. Namun para pakar masih mengatakan gelombang ketiga masih bisa terjadi. Apakah hal tersebut bisa dicegah?

"Awal 2022 kita bisa mengatakan virus masih ada di sekitar kita, tapi dampak pandemi bisa kita minimalisir. Sekarang gelombang ketiga pasti terjadi," ujar ahli virologi dan Guru Besar Universitas Udayana, Prof Dr drh I Gusti Ngurah Kade Mahardika, dalam diskusi daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (30/9/2021).

Hal ini diutarakannya usai melihat Singapura yang mana vaksinasinya sudah mencapai 60 persen lebih. Pada saat itu, Singapura mulai membolehkan semua tempat dibuka kembali.

Hal ini juga sejalan dengan sedikitnya orang yang masuk rumah sakit serta sedikitnya kasus kematian. Namun setelah beberapa saat, tiba-tiba saja kasus kembali melonjak tajam.

Nah, hal inilah yang dikhawatirkan terjadi di Indonesia. Walau begitu, ia yakin kasus kematian tak akan sebanyak saat ini jika jangkauan vaksinasi lengkap sudah lebih di atas 60 persen atau kalau bisa memang sudah tercapai 100 persen baru boleh dibebaskan.

Walau begitu, Prof Dr drh I Gusti Ngurah Kade Mahardika sangat yakin Indonesia tak akan separah saat bulan Juli 2021 lalu jika capaian atau jangkauan vaksinasi COVID-19 pada dosis dua sudah 70 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US