The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cari Tahu Varian Baru Corona XE, Ini yang Dilakukan Dinkes DKI
Ilustrasi virus corona. (Freepik)
Health

Cari Tahu Varian Baru Corona XE, Ini yang Dilakukan Dinkes DKI

Akan telaah spesimen yang dicurigai

Kamis, 07 April 2022 19:16 WIB 07 April 2022, 19:16 WIB

INDOZONE.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta terus memantau perkembangan kasus Covid-19, terutama terkait adanya varian baru virus Corona yang terdeteksi di Inggris, yakni bernama varian XE yang bermutasi dari varian Omicron.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti, menyebutkan bahwa pihaknya akan menelaah sample ataupun spesimen yang dapat 'dicurigai' sebagai varian baru virus Corona.

"Kita prinsipnya tidak semua, tapi ada beberapa spesimen atau sample yang kita 'curigai' dengan gejala tertentu, itu kita telaah," ucapnya di Balai Kota DKI, Kamis (7/4/2022).

"Lebih lanjut kita kirim ke Litbangkes dan Lab swasta untuk mendeteksi apakah sudah ada varian baru atau tidak," tambah WIdyastuti.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 RI Hari Ini Tambah 2.089, Sembuh 5.888 Orang

Ia mengungkapkan, meski kondisi penyebaran Covid-19 di Jakarta tengah menunjukkan tren yang terus melandai, namun Widyastuti menyebutkan hal itu tidak menurunkan cakupan tracing dan tes.

"Jadi kita tidak menurunkan jumlah tracing atau testing-nya, tapi kita tetap pertahankan cukup dalam jumlah standar," ungkapnya.

Oleh sebab itu, dia menjelaskan kalau pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Litbangkes dan mitra swasta untuk mendeteksi sample konfirmasi positif untuk meneliti adanya varian baru.

"Sehingga apabila ada beberapa persen sample yang terdeteksi positif kita kirim ke Litbangkes dan lab swasta untuk diidentifikasi lebih lanjut. Apakah memang ada varian baru atau tidak," tandas Widyastuti.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Rachmat Fahzry
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US